Insiden Penyebutan Pemenang Best Picture antara Moonlight dan La La Land

Jordan Horowitz menunjukkan tulisan yang ada di kartu. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Moonlight, sebuah film garapan sutradara Barry Jenkins, berhasil merebut nominasi Best Picture di piala Oscar 2017 89th Academy Awards 2017 dari La La Land” di Teater Dolby, Los Angeles, Minggu (26/02/17).

Sebelum mengetahui bahwa Moonlight-lah yang membawa pulang piala Oscar tersebut, terjadi sebuah insiden. Pembaca nominasi dan pemenang Best Picture, Warren Beatty dan Faye Dunaway keliru menyebutkan nama dari pemenang nominasi tersebut.

Kesalahan ini tersadari kala para pemain dan kru film La La Land sudah maju dan berada di atas panggung. Ketika hendak memberikan pidato tentang kemenangan mereka, sang produser, Jordan Horowitz sadar akan kartu yang dipegangnya bukan bertuliskan La La Land.

“Terjadi sebuah kesalahan. Moonlight, kalianlah yang memenangkan Best Picture,” ujar Horowitz, dilansir dari independent.co.uk.

“Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan kalau ini terjadi. Tapi ini benar-benar terjadi,” kata Barry Jenkins, dilansir dari cnnindonesia.com.

Ketika ditelusuri, ternyata Beatty dan Dunaway mendapatkan amplop yang salah. Amplop yang diberikan pada mereka menunjukkan Emma Stone dengan perannya di La La Land menjadi Best Actress.

Kendati demikian, La La Land tetap menjadi pemenang yang membawa pulang enam piala Oscar, yaitu Emma Stone untuk Best Actress, Damien Chazelle untuk Best Director, “City of Starsyang dinyanyikan oleh Emma Stone dan Ryan Gosling untuk Original Song, Original Score, Best Cinematography, Production Design.

Adapun Moonlight juga berhasil membawa pulang piala Oscar untuk nominasi Writing (Adapted Screenplay).

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Christoforus Ristianto

Sumber: antaranews.com, cnnindonesia.com, independent.co.uk