Rombak Lini Belakang, Manchester City Habiskan 200 Juta Poundsterling

Manchester City secara resmi telah mengumumkan penandatanganan pemain bertahan, Benjamin Mendy, dari AS Monaco, Senin (24/7). Manchester City mendatangkan pemain berkebangsaan Prancis tersebut dengan iaya sebesar 52 juta Pounds. Bersama klub barunya, Mendy di kontrak selama lima tahun.
Share:

MANCHESTER, ULTIMAGZ.com – Lini belakang menjadi fokus Manchester City pada bursa transfer musim panas kali ini. Klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu mengucurkan dana  yang cukup fantastis untuk mendatangkan pemain anyar, yakni 200 juta poundsterling setelah melepas hampir sebagian pemain mereka di area pertahanan.

Nama nama seperti Willy Caballero, Pablo Zabaleta, Bacary Sagna dan Gael Clichy harus meninggalkan City dengan status bebas transfer, sedangkan fullback senior Alexander Kolarov dilepas ke AS Roma dengan nilai transfer 4.5 juta pounds. Adapun pemain belakang terbaru The Citizens, Benjamin Mendy, berhasil memecahkan rekor sebagai pemain belakang termahal di dunia setelah AS Monaco melepasnya dengan nominal 52 juta pounds.

 

Please welcome @benmendy23 to Manchester City! 🙌 #BlueMendy #mcfc #mancity #manchestercity

A post shared by Manchester City (@mancity) on

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Manchester City,” ujar Mendy dilansir dari theguardian.com.

“City adalah salah satu klub terdepan di Eropa dan Pep Guardiola adalah seorang manajer yang berkomitmen untuk menampilkan sepak bola menyerang. Saya yakin bahwa dalam beberapa tahun ke depan kita akan sukses,” tambahnya.

City dinilai cukup ngotot untuk melakukan transformasi pada lini belakang mereka. Diawali dengan kedatangan kiper Ederson dari Benfica seharga 34.9 juta pounds, lalu bek kanan asal Inggris, Kyle Walker dari Tottenham dengan harga 50 juta pounds dan Danilo yang ditebus dari Real Madrid seharga 26.5 juta pounds.

Gerbong mewah pemain belakang ini tidak hanya menjadi sinyal kekuatan finansial Manchester City yang begitu luar biasa, tapi juga ambisi Guardiola untuk menampilkan taktik sepak bola menyerang.

Taktik offensive Guardiola membutuhkan bek sayap berkarakterisitik agresif, memiliki kecepatan ditambah kemampuan menggiring bola dengan baik ketika menyerang dan tetap disiplin untuk turun membantu pertahanan. Bek sayap City terdahulu dinilai tidak sesuai dengan krtiteria taktik tersebut, sehingga skema Guardiola seakan-akan kehilangan sentuhan magis nya musim lalu.

Fakta menarik lain dari aktifitas City pada bursa transfer musim ini adalah bahwa The Citizens telah menghabiskan hampir 300 juta pounds sejak tahun 2014 hanya untuk sektor pertahanan saja, di mana 5 pemain belakang yang didatangkan City termasuk ke dalam 10 pemain belakang termahal di dunia.

Selain Benjamin Mendy dan Kyle Walker, City pernah menjadikan John Stones sebagai bek termahal saat ditransfer dari Everton senilai 45.5 juta pounds dan juga mendatangkan Nicolas Otamendi dari Benfica serta Eliaquim Mangala dari Porto masing masing senilai 32 juta pounds.

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: mancity.com, Instagram @mancity

Sumber: detik.com. theguardian.com