KPU UMN Mulai Program Kerjanya

Konfrensi Pers yang diselenggarakan oleh KPU UMN turut menghadirkan Ketua BEM Julian Rizki (kiri), Ketua KPU Steffie Lienanta (tengah) dan Ketua DKBM Ghandi Pranata (kanan) dalam rangka pembahasan pendaftaran regenerasi BEM & Himpunan yang diselenggarakan pada (20/08/18) di Gedung D Universitas Multimedia Nusantara. (ULTIMAGZ/Daniela Dinda)
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com – Sebagai fasilitator penyelenggaraan regenerasi organisasi kampus Komisi Pemilihan Umum Universitas Multimedia Nusantara (KPU UMN) sudah mulai melaksanakan program kerjanya sejak 13 Agustus 2018. Rentetan kegiatan seperti penerimaan anggota sampai kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) sudah dipersiapkan. 

Pembukaan rekrutmen calon organisator (open recruitment) dilakukan secara online maupun offline. Rekrutmen online dilakukan dengan cara mengisi formulir yang bisa diunduh dari situs KPU UMN, www.kpu.umn.ac.id. Sedangkan, rekrutmen offline dilakukan dengan membuka booth pendaftaran di kantin gedung C Universitas Multimedia Nusantara mulai 20-24 Agustus lalu. Rekrutmen offline dilanjutkan dengan konsep expo yang digelar di lobi D sejak 27-31 Agustus 2018.

Setelah pembukaan rekrutmen tersebut, dilaksanakan forum diskusi grup sebagai bagian dari seleksi calon organisator. Tidak berhenti disitu, proses seleksi dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang oleh KPU UMN untuk menguji kelayakan para calon pemimpin organisasi dan himpunan.

Setelah proses seleksi, di bulan Oktober KPU UMN akan mengadakan Bulan Demokrasi yang menjadi pesta demokrasi mahasiswa UMN. Para calon ketua dan wakil ketua dari tiap-tiap organisasi dan himpunan akan berkampanye selama dua pekan. Tak luput, debat antar kandidat juga dilaksanakan.

Untuk menyalurkan hak berpolitik dan berdemokrasi, akan diadakan election week. Mahasiswa UMN diberi kesempatan untuk memilih calon ketua dan wakil ketua organisasi dan himpunan secara langsung, bebas, jujur, adil, dan rahasia.

Setelah terpilih, ketua dan wakil ketua organisasi dan himpunan beserta seluruh jajaran dan anggotanya akan mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan ini penting untuk melatih sikap-sikap dasar kepemimpinan para organisator. Melalui LDK, diharapkan akan mendapat gambaran bagaimana mereka berorgansisasi selama satu tahun masa jabatan.

Bekerja sama dengan Student Development, KPU UMN akan melangsungkan LDK pada November 2018. 

Dengan rangkaian program yang dihadirkan, KPU UMN mengharapkan hak politik dan hak bersuara mahasiswa UMN bisa tersalurkan dengan baik. Dengan menjalin kerja sama dengan himpunan, DKBM, BEM, dan media kampus, KPU UMN juga mengharapkan adanya peningkatan jumlah pemilih pada tahun ini dibandingkan tahun lalu. Ini bertujuan untuk mengembangkan demokrasi di UMN.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Daniela Dinda Ayuningtyas