OMB UMN 2019 Sarat Unsur Nusantara dan Multimedia

Pemberian pengarahan kepada Mahasiswa Baru program studi Arsitektur pada Briefing Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara 2019 (OMB UMN 2019), Senin (05/08/19) di Gedung D UMN, Gading Serpong. (ULTIMAGZ/Devonseta)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com –  Panitia Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan briefing OMB UMN 2019 yang diikuti lebih dari 2.000 mahasiswa baru UMN angkatan 2019, Senin (05/07/19). Kegiatan ini ditujukan sebagai persiapan mahasiswa baru memasuki rangkaian OMB UMN 2019 yang akan dilangsungkan pada 6-7 Agustus 2019.

Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan OMB sarat akan unsur ‘Nusantara’. Kali ini, burung garuda dijadikan sebagai logo OMB UMN 2019. Sementara nama divisi kepanitiaan, seluruhnya menggunakan nama lain dari burung garuda.

“Nama-nama tersebut diambil dari bahasa Sanskerta yang merepresentasikan sifat burung garuda itu sendiri,” kata Anoman Pasha, Bajrajit (sebutan untuk divisi public relation OMB UMN 2019). “Seperti divisi konsumsi, ‘Chirād’, artinya ‘makan banyak’,” lanjutnya. 

Briefing dibuka dengan perkenalan antara mahasiswa baru dan panitia. Dilanjutkan dengan mencatat hal-hal penting yang diperlukan selama rangkaian OMB UMN 2019. Kemudian didampingi Winayaka (sebutan untuk PIC OMB UMN 2019), mahasiswa baru mengerjakan tugas dan mempersiapkan perlengkapan untuk OMB umum, maupun konten prodi.

Mahasiswa baru sedang mengerjakan tugas yang diberikan oleh panitia OMB dalam Briefing OMB 2019. (ULTIMAGZ/Devonseta)

Penugasan yang diberikan pada OMB kali ini pun tidak jauh berbeda dari tahun lalu, seperti membuat buku OMB, maskot kelompok, dan name tag. Namun, tahun ini peserta OMB diharuskan membawa kertas A4 yang sudah dicetak penuh dengan motif batik,  sesuai daerah asalnya masing-masing.

Saat pendaftaran ulang, mahasiswa baru diberikan kartu berisi tiga QR code yang terhubung dengan situs omb.umn.ac.id. Masing-masing QR code berisi informasi tentang peralatan dan perlengkapan hari briefing, pakaian dan perlengkapan OMB, serta pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) seputar OMB UMN 2019. 

“Kartu QR code menjadi inovasi terbaru dalam kegiatan OMB UMN. Kartu ini dicetuskan oleh salah satu koordinator Bajrajit,” jelas Anoman kepada Ultimagz.

Penyelenggaraan OMB UMN 2019 memakai tagline “Wujudkan Bakat dalam Semangat”. Tagline ini diambil berdasarkan dua konsep yang ingin ditanamkan dalam OMB kali ini, yaitu ‘Aktualisasi Diri’ dan ‘Dedikasi Mandiri’. Diharapkan peserta OMB 2019 dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berbakat dan menjiwai semangat Pancasila, serta menjadikan slogan ini sebagai tolok ukur dalam berproses bersama pada masa orientasi dan perkuliahan nantinya.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Devonseta