Kukuhkan Istilah “Negara Olahraga” Lewat Prestasi Atlet Tanah Air

Press Conference Blibli Indonesia Open yang diadakan pada Senin (14/05/18) di Fairmont Hotel, Jakarta. (ULTIMAGZ/ Felisitasya Manukbua)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Wiranto, Blibli Indonesia Open (BIO) merupakan citra Indonesia sebagai “Negara Olahraga” di kawasan Asia. Adapun, istilah tersebut muncul dengan harapan prestasi atlet bulu tangkis nasional tetap terjaga.

“Harus ada dukungan dan saling bersinergi antara lain dengan klub, sponsor, pengadaan event rutin, juga media dan masyarakat,” ujar Wiranto ketika ditanyakan mengenai langkah menjaga prestasi atlet bulu tangkis Tanah Air, Senin (14/05/18) di Fairmont Hotel kala Konferensi Pers Blibli Indonesia Open 2018.

Senada dengan Wiranto, perwakilan Djarum Foundation, Yan Haryadi berpendapat bahwa bulu tangkis berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan bagi negara. Sejumlah kemenangan Indonesia di laga Superseries dan Superseries Premier tahun 2017 membuktikan kemampuan Indonesia dalam cabang olahraga (cabor) tersebut.

Untuk itu, Indonesia semakin mengukuhkan posisinya sebagai “Negara Olahraga” melalui prestasi para atlet kala BIO nanti. 

Atlet Ganda Putra Indonesia Markus Gideon optimis menyongsong Indonesia Terbuka. Menurutnya, lawan tersulit yang akan dihadapi duet Markus-Kevin nantinya ialah duet asal Denmark dan Tiongkok. Pun demikian, Markus semangat untuk dapat mengakhiri BIO 2018 sebagai juara.

Ketika ditanyakan soal target, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti memberikan jawaban diplomatis.

“Ada 60 pertandingan sepanjang tahun. Saya berharap setidaknya ada 1 gelar yang bisa diraih di Blibli Indonedia Open 2018. Tidak perlu disebutkan dari sektor mana,  setiap atlet punya kesempatan yang sama untuk menang,” pungkasnya.

Adapun pasangan Markus, Kevin Sanjaya mengungkapkan antusiasmenya bermain bagi fans bulu tangkis Tanah Air. Baginya, atmosfer bermain di Indonesia sangat menyenangkan, bahkan suara pukulan raket sampai tersamar oleh gemuruh dukungan suporter.

Selain dari sisi prestasi, upaya menjaga citra “Negara Olahraga” Tanah Air dilakukan dengan pengamanan yang baik. Pihak kepolisian bekerja sama dengan TNI sudah ditugaskan untuk menjalankan fungsi penjagaan dan pengamanan selama perhelatan BIO 2018 guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

Wiranto berharap isu-isu keamanan tak membuat semarak BIO 2018 menurun.

Turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2018 akan digelar pada 3-8 Juli 2018. Bertempat di Istora Senayan, turnamen ini menjadi laga kedua yang dihelat di Indonesia tahun ini. Sebelumnya, pada 23-28 Januari digelar Indonesia Masters di Istora Senayan.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Ivan Jonathan

Fotografer: Felisitasya Manukbua