Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pemerintah Gelar Festival Gapura Cinta Negeri

Salah satu karya peserta Festival Gapura Cinta Negeri asal Boyolali, Jawa Tengah. (Foto: Instagram @festivalgapura)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Festival Gapura dengan tema “Cinta Negeri”.

Festival ini merupakan ajang kreativitas menghias gapura yang ditujukan untuk masyarakat umum, maupun kategori khusus, seperti instansi, perusahaan, perguruan tinggi, dan lembaga. Kompetisi hias gapura ini digelar sejak 17 Juli sampai 17 Agustus 2019, untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Festival Gapura Cinta Negeri diharapkan mampu menciptakan kebanggaan terhadap budaya Indonesia. Tak hanya itu, kompetisi ini juga ditujukan untuk mempererat persaudaraan, nilai gotong royong, serta menjaga persatuan Indonesia lewat karya seni. Seperti pernyataan Kepala Bekraf, Triawan Munaf yang dikutip dari ­detik.com.

“Bahwa festival ini sebetulnya menghidupkan kebiasaan dulu setiap menjelang hari HUT itu, di setiap Gapura RT/RW pernah ada, dan itu meriah sekali. Itu sudah lama hilang,”ujar Triawan. “Semoga semangat gotong royong yang sifatnya inklusif, akan menampilkan ciri dari masing-masing daerah dan Kreativitas mereka bisa dikembangkan,” tambahnya.

Peserta festival dapat mendaftar melalui situs www.gapuracintanegeri.com dan mengunggah empat foto proses pembuatan gapura, serta 6 foto hasil kreasi gapura yang sudah jadi. Peserta juga dapat mengunggah foto dan video di media sosial dengan menggunakan tagar #GapuraCintaNegeri lalu menandai akun media sosial (Instagram, Twitter, Facebook) @FestivalGapura. Foto kiriman peserta nantinya akan diseleksi untuk mencari 50 finalis gapura Kategori Masyarakat Umum, dan 10 finalis Kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi.

Kemudian, 60 finalis tersebut akan dinilai oleh Dewan Juri. Tercatat Menteri Sekretaris  Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, juga Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menjadi tim juri dalam festival ini. Adapun yang menjadi penilaian dewan juri antara lain ide, estetika dan nilai seni, kreativitas produksi, semangat gotong royong dan kebersamaan, serta relevansi dengan tema.

Ada 15 piala dan piagam yang disediakan. Lebih menarik lagi, tersedia hadiah uang senilai total Rp1 miliar bagi para pemenang, dengan rincian sebagai berikut:

  • Rp 250 juta untuk satu orang pemenang Piala Presiden Bergilir dan piagam untuk gapura terbaik kategori Masyarakat Umum.
  • Rp 50 juta untuk kategori Masyarakat Umum.
  • Rp 50 juta untuk 3 pemenang gapura kategori Lembaga/Instansi/Perusahaan/Organisasi. 
  • Rp 100 juta untuk satu pemenang gapura favorit pilihan warganet.

Tidak hanya itu, setiap pemenang juga berkesempatan diundang ke Jakarta dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo untuk menerima penghargaan.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Instagram @festivalgapura

Sumber: bekraf.go.id, setneg.go.id, gapuracintanegeri.com, detik.com