Informasi Perjalanan MRT Jakarta Bisa Dipantau Lewat Google Maps

Kereta MRT Jakarta berhenti di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta Selatan kala uji coba publik, Jumat (15/03/19). (ULTIMAGZ/Abel Pramudya)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.COM – Infromasi rute, jadwal, serta estimasi waktu tiba Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta kini bisa dipantau lewat aplikasi Google Maps. Pengguna kereta MRT Jakarta bisa merencanakan perjalanan lebih mudah dengan bantuan fitur terbaru dari Google Maps ini.

Fitur ini dikenal dengan nama Transit. Transit merupakan fitur khusus yang disediakan Google Maps untuk membantu pengguna merencanakan perjalanan menggunakan transportasi publik dengan lebih mudah, cepat, dan praktis. Di dalam fitur ini juga, tersedia informasi perkiraan durasi perjalanan yang akan ditempuh ke tempat tujuan.

“Dengan ketersediaan informasi ini, sekarang Anda bisa tahu kapan kereta Anda akan tiba beserta rute yang akan Anda lewati,” ujar Communications Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan dalam sebuah keterangan pers. “Kami berharap penambahan informasi untuk Ratangga (kereta MRT Jakarta) di Google Maps ini dapat membantu dan memudahkan warga Jakarta bahkan pendatang dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari,” lanjutnya.

Sebelumnya, fitur Transit di Google Maps juga telah menyediakan informasi layanan bus Transjakarta yang meliputi rute, estimasi waktu tiba, dan durasi perjalanan.

Tampilan fitur Transit pada aplikasi Google Maps. (Foto: Tek.id)

Dikutip dari merdeka.com, Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengapresiasi inisiatif Google Maps dalam menambahkan informasi MRT Jakarta di aplikasinya.

“Kami mengapresiasi inisiatif Google Maps untuk terus membantu dengan menambahkan informasi seputar MRT Jakarta,” ujar Kamaludin. 

Ia juga berharap fitur ini dapat meningkatkan kualitas layanan MRT Jakarta untuk penyediaan transportasi publik berstandar internasional.

“Melalui dukungan fitur Google Maps ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan MRT Jakarta secara keseluruhan untuk mewujudkan penyediaan transportasi publik dengan standar internasional,” katanya.

Bagi pengguna MRT Jakarta yang ingin memanfaatkan fitur Transit, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, ataupun desktop.
  2. Masukkan tujuan, lalu klik ikon berwarna biru di sebelah kanan bawah layar.
  3. Pilih ikon “Transit” (bergambar kereta) untuk melihat informasi waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain yang Anda perlukan.
  4. Anda juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Abel Pramudya, tek.id

Sumber: tempo.co, wartakota.tribunnews.com, merdeka.com, kompas.com