Yahoo Rilis Aplikasi Pesan Singkat Squirrel

Logo aplikasi pesan singkat besutan Yahoo Squirrel. (sumber: slashgear.com)
Share:

AMERIKA SERIKAT, ULTIMAGZ.com – Aplikasi pesan singkat atau instant messaging tengah bersaing pada era digital. Melihat perkembangan tersebut, Yahoo meluncurkan perangkat lunak besutannya sendiri, Squirrel. Saat ini, aplikasi tersebut belum tersedia di toko virtual resmi Android dan Apple Indonesia.

Melansir gsmarena.com, Squirrel merupakan aplikasi pesan singkat untuk berkirim pesan melalui grup. Fokus utama yang ingin dihadirkan perangkat lunak berlogo tupai tersebut adalah berinteraksi melalui grup, terbukti dengan tagline aplikasi tersebut yakni Group Chat – Organized.

Pun demikian, pengguna nantinya dapat juga bertukar pesan secara personal melalu fitur Secret Rooms yang disiapkan Yahoo. Fitur tersebut memungkinakan pengguna memilih seorang dari anggota grupnya untuk dikirimkan pesan pribadi.

Fitur unik lainnya adalah Rooms, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna membuat grup diskusi di dalam grup yang sudah ada. Hal ini dapat dianalogikan seperti menciptakan partisi-partisi untuk sebuah aula yang besar. Sehingga, pengguna tak perlu berganti grup obrolan untuk membicarakan topik dalam ranah yang sama.

Sayangnya, saat ini aplikasi tersebut belum dapat diunduh secara massal lantaran masih bersifat invite-only. Dengan kata lain hanya orang tertentu yang diundang oleh pengembang aplikasi yang dapat menggunakannya. Nantinya Squirrel akan hadir dengan ukuran file 13MB secara cuma-cuma untuk pengguna.

Apakah mampu bersaing?

Melansir androidpolice.com, Yahoo merupakan pengembang yang telah tertinggal dari Google, Apple, dan Microsoft. Dampaknya, pengguna akan cukup meragukan ketika Yahoo merilis aplikasi pesan singkat.

Selain itu, peretasan tiga milyar akun Yahoo pada tahun 2013 menjadi pertimbangan lain penggunaan aplikasi ini seperti dilansir androidauthority.com. Meski demikian, saham Yahoo telah diakuisisi oleh pengembang kartu seluler Amerika Serikat Verizon yang berkomitmen meningkatkan keamanan para pengguna Yahoo.

Kemunculan Squirrel juga merupakan bagian kecil dari jajaran aplikasi pesan singkat yang telah ada. Yahoo perlu menetapkan strategi untuk mengalahkan LINE, Whatsapp, dan Facebook Messenger yang kerap dikonsumsi pengguna Tanah Air.

Terlebih lagi, Squirrel merupakan aplikasi berbasis grup seperti Discord dan Slack yang mulai marak diunduh secara global. Menciptakan aplikasi oposisi belum tentu menjadi alternatif bagi pengguna.

Meski Yahoo sempat memulai trend pesan singkat melalui Yahoo Messenger belasan tahun silam, perlu ada strategi khusus dari pengembang berlogo ungu ini untuk menarik minat pengguna aplikasi pesan singkat yang telah ada.

 

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Hilel Hodawya

Foto: slashgear.com

Sumber: antaranews.com, androidpolice.com, androidauthority.com, gsmarena.com