5 Tips Membangun Citra Diri Mahasiswa Melalui Rapat

(Sumber foto: Sterlingmarketinggroup.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Personal branding atau pencitraan diri seringkali dipandang sebagai hal negatif. Namun, sebagai mahasiswa tentunya Ultimates tidak ingin dipandang sebelah mata, baik dalam lingkungan kampus dan di luar kampus. Apalagi, dalam dunia kerja nanti mahasiswa akan memerlukan kemampuan untuk menjaga citra diri sebagai individu yang layak dihargai dalam dunia kerja.

Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara dan bersikap di depan teman-teman perkuliahan mereka, contohnya ketika melakukan presentasi materi maupun saat berkomunikasi dengan rekan-rekan kepanitiaan dan organisasi. Hal ini dapat menyebabkan mahasiswa kesulitan untuk diterima dalam organisasi besar.

Namun, jangan khawatir. Berikut adalah 5 tips personal branding untuk membangun citra diri mahasiswa yang dapat dipraktekkan di rapat mana pun, khususnya rapat kampus dan pekerjaan:

  1. Sambut rapat dengan terbuka

Saat ditentukannya tanggal suatu pertemuan rapat, segera hentikan apa yang sedang kamu kerjakan dan tanyakan kabar rekanmu. Terlihatlah gembira saat bertemu dengannya, ini akan membuatmu terlihat bisa didekati dan transparan. Saat orang lain mendeskripsikanmu, mereka akan menggunakan kata-kata “ramah” dan “hangat”.

  1. Melakukan presentasi: Katakan, kamu benar-benar ingin presentasi itu menjadi presentasi yang interaktif

“Silahkan interupsi aku kapan saja jika memiliki pertanyaan atau pernyataan,” adalah dialog presentasi yang efektif karena mengundang teman-teman dalam rapat untuk berpartisipasi sebagai kontributor, tidak hanya sebatas pendengar saja. Selain membuatmu terlihat lebih peduli dengan pendapat mereka, teman-teman juga akan dapat memberikan berbagai respon yang dapat membantu rapat menjadi lebih efisien.

  1. Mintalah untuk melihat datanya

Buatlah dirimu menjadi orang yang mengambil keputusan berdasarkan data dan selalu minta untuk melihat datanya sebelum percakapan berlanjut. Jika rekanmu punya data yang kamu minta, mintalah lebih banyak data.

Melalui acuan data, informasi yang dibicarakan umumnya selalu akurat dan benar. Semakin akurat ucapan yang kamu sampaikan, maka kepercayaan teman-teman kepanitiaan dan organisasi pun akan meningkat.

  1. Katakan “Itu menarik” atau “Itu masuk akal” atau “Keren sekali”

Selama rapat, penting untuk sesekali menyisipkan komentar sehingga orang-orang tahu kamu ada di sana dan menyimak semua yang dikatakan. Komentar yang positif dan tepat seperti “Terima kasih untuk saran itu” atau “Menarik” akan meyakinkan teman-teman bahwa kamu menghargai dan peduli dengan rapat tersebut. Seiring itu, keterbukaan teman-teman lain juga akan mengikuti.

  1. Jangan katakan: “saya tidak tahu,” “saya kecewa,” dan “saya tidak yakin.”

Hindari mengatakan kalimat-kalimat ‘terlarang’ tersebut.

Mengatakan “saya tidak tahu” akan membuat kamu terlihat tak pintar dan tidak ada motivasi. “saya kecewa” terdengar kekanakan. “Saya tidak yakin” menunjukkan sisi peragu dan tak percaya diri. Jika kamu sendiri saja tak yakin, bagaimana bisa meyakinkan orang lain? Di mata lawan bicara, kalimat yang menunjukkan rasa optimis dan percaya diri sangat penting untuk menunjukkan kemampuan.

 

Penulis: Ignatius Raditya Nugraha

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber tulisan: 100 Tricks To Appear Smart In Meetings – Sarah Cooper, Nasional.kompas.com

Sumber foto: Sterlingmarketinggroup.com