Novelis NH Dini Tutup Usia

ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Share:

SEMARANG, UlLTIMAGZ.com – Sebuah kabar mengejutkan datang dari Novelis ternama Indonesia, NH Dini. Wanita pemilik nama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini dilaporkan menjadi salah satu korban kecelakaan yang melibatkan antara taksi dan truk di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (04/12/18).

Dilansir dari antaranews.com, kecelakaan tersebut terjadi di Tol Dalam Kota Semarang KM 10 sekitar pukul 11.15 WIB. Diduga truk dengan nomor polisi AD 1536 JU mengalami gangguan dan sempat berhenti. Ketika hendak berjalan, truk bermuatan bawang itu justru berjalan mundur dan langsung menghantam taksi yang ditumpangi NH Dini.

Pengemudi taksi hanya mengalami luka ringan, sedangkan NH Dini mengalami luka cukup parah di bagian kepala dan dilarikan ke instalasi gawat darurat RS Elisabeth Semarang. Sayang, nyawa pengarang novel Hati yang Damai (1998) ini tak tertolong lagi.

Humas RS Elisabeth Semarang, Probowati Tjondronegoro, membenarkan kabar NH Dini meninggal akibat kecelakaan. Ia menambahkan, wanita 82 tahun tersebut sempat dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) akan tetapi nyawanya tidak tertolong. “NH Dini Meninggal sekitar pukul 16.30 WIB. Jenazah masih disemayamkan di kamar jenazah rumah sakit,” ujarnya.

Rencananya, ibu dari Pierre-Louis Padang Coffin, sutradara film Despicable ini akan dikremasi esok hari, Rabu (05/12/18) di pemakaman Kedungmundu, Semarang.

Semasa hidupnya, wanita kelahiran di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936 ini dikenal sebagai salah satu sastrawan, novelis, dan feminis terkemuka di Indonesia. Karya-karyanya kerap kali menjadi bahan perbicangan karena dinilai terlalu frontal, seperti Pada Sebuah Kapal (1972). 

Dalam novelnya tersebut, NH Dini menuangkan kisah mengenai perselingkuhan. Selain itu, karya-karyanya yang fenomenal antara lain, Namaku Hiroko (1977), Pertemuan Dua Hati (1986), Sebuah Lorong di Kotaku (1978), dan masih banyak yang lain.

 

Penulis : Abel Pramudya

Editor : Ridi F. Khan

Foto : Antara Foto

Sumber : antaranews.com, mediaindonesia.com