Gelaran Blibli Indonesia Open 2018 Cetak Sejarah Baru

Press Conference Blibli Indonesia Open dihadiri oleh Ketua Umum PP PBSI, Wiranto (kedua kanan), Chief Executive Offices Blibli.com, Kusumo Martanto (kedua kiri) yang diadakan pada Senin (14/05/18) di Fairmont Hotel, Jakarta. (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Blibli Indonesia Open (BIO) 2018 akan digelar pada 3-8 Juli mendatang di Istora Senayan, Jakarta. Turnamen ini akan menampilkan permainan terbaik dari 32 pebulu tangkis terbaik dunia.

Blibli.com resmi menjadi sponsor utama Indonesia Open 2018, menggantikan BCA yang sebelumnya menjadi sponsor utama Indonesia Open pada 2017. Didukung oleh Djarum Foundation, Blibli Indonesia Open 2018 juga dijadikan sebagai ajang persiapan bagi atlet untuk menghadapi ASIAN Games 2018 yang akan dihelat di Jakarta, 18 Agustus mendatang.

“Blibli sejak awal berdiri berkomitmen untuk membantu mengembangkan bulu tangkis Indonesia. Bulu tangkis jadi cabang olahraga yang konsisten mengharumkan nama bangsa,”  ucap Kusumo Martanto, CEO Blibli.com dalam konferensi pers di Jakarta (14/05/18).

Kusumo berharap BIO 2018 bisa menghasilkan pahlawan-pahlawan olahraga bulu tangkis baru.

Indonesia Open kali ini bakal menorehkan sejarah baru karena lebih bergengsi dibandingkan gelaran kemarin. Pasalnya, turnamen ini naik level dari yang sebelumnya berada di rangkaian Superseries Premier menjadi masuk ke kategori HSBC BWF World Tour Super 1000. 

“Tahun ini Blibli Indonesia Open masuk ke kategori HSBC BWF World Tour Super 1000. Artinya, kita setara dengan All England dan China Open,” ujar Achmad Budiharto selaku Ketua Panitia BIO 2018.

Aturan baru dalam turnamen ini hanya bisa diikuti oleh 32 pemain top dunia, dan pemain yang berada dalam peringkat 10 besar dunia diwajibkan untuk bertanding. Oleh karena itu, tidak ada sistem kualifikasi dalam turnamen Blibli Indonesia Open 2018. Dengan demikian, pertandingan akan menjadi lebih atraktif berkat penampilan atlet-atlet kelas dunia.

Para pemain memperebutkan hadiah terbesar sepanjang sejarah dengan total USD 1.250.000 atau setara Rp17.5 milyar. Jumlah ini mengalahkan total hadiah dua turnamen bulutangkis bergengsi dunia lainnya yang tergabung dalam HSBC BWF World Tour Super 1000.

Blibli Indonesia Open 2018 akan menggunakan tiga lapangan di Istora Senayan. Hadir dengan konsep ‘Sportainment‘, siaran langsung di seluruh dunia akan dilakukan sejak babak pertama yang biasanya baru dimulai pada babak 8 besar. Total ada 45 pertandingan yang akan disiarkan mulai 4 Juli 2018.

“Melalui ajang ini, saya harap dapat menumbuhkan minat dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga bulu tangkis,” harap Achmad .

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Gilang Fajar Septian

Fotografer: Felisitasya Manukbua