Indonesia Bertemu Thailand di Final Piala AFF U-22 2019

Selebrasi Garuda Muda usai tekuk Vietnam 1-0 dalam laga Semifinal Piala AFF U22 2019, di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2). (Foto : PSSI)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Timnas Indonesia U-22 akan menantang Thailand di final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/02/19). Indonesia berhasil lolos ke final usai menang tipis atas Vietnam 1-0, Minggu (24/02).

Indonesia sempat terancam gagal masuk final. Pasalnya, Andy Setyo dan kawan-kawan hanya mampu bermain seri dalam dua laga pertama penyisihan Grup B kontra Myanmar 1-1, dan Malaysia 2-2. Barulah saat melawan Kamboja, Marinus Wanewar sukses mengamankan posisi Indonesia setelah menekuk tim tuan rumah tersebut dengan skor 2-0.

Tim besutan Indra Sjafri ini lolos dari fase grup sebagai runner-up Grup B di bawah Kamboja dengan torehan lima poin, unggul satu poin dari Malaysia yang finish di peringkat tiga klasemen.

Di babak semifinal, tim asuhan Indra Sjafri menyingkirkan tim Vietnam yang diarsiteki Nguyen Quoc Tuan dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Garuda Muda ke gawang Vietnam lahir dari tendangan bebas Muhamad Luthfi Kamal pada menit ke-70. Sementara itu, Thailand berhasil melaju ke final setelah membungkam Kamboja melalui babak tos-tosan dengan skor 5-3.

Menyambut laga pamungkas tersebut, kedua tim diprediksi akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Sejak 2013, timnas Indonesia di bawah pelatih Indra Sjafri mampu memenangkan dua dari empat pertandingan atas Thailand.

Berikut catatan head-to-head timnas Indonesia yang dipegang Indra Sjafri kontra Thailand:

  • Fase Grup Piala AFF U-19 2013: Indonesia 3-1 Thailand
  • Semifinal Piala AFF U-19 2017: Indonesia 0-0 (p: 2-3) Thailand
  • Fase Grup Piala AFF U-19 2018: Indonesia 1-2 Thailand 
  • Perebutan Tempat Ketiga Piala AFF U-19 2018:Indonesia 2-1 Thailand

Dikutip dari tirto.id, kendati dalam babak final nanti diperkirakan berlangsung sengit. Bek andalan Indonesia, Firza Andika optimis mampu menang melawan Timnas U-22 Thailand yang dilatih Alexandre Gama dan keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019.

“Thailand tim kuat, akan tetapi kita tetap punya peluang untuk menang,” ujar pemain yang kini tengah membela klub di Belgia tersebut.

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: PSSI

Sumber: bolalob.com, bolasport.com, tirto.id