Indonesia Raih Emas pada Cabang eSports

Atlet eSports Indonesia Ridel Yesaya Sumarandak berhasil meraih emas pada ajang eSports Clash Royale, Senin (27/08/18) di Britama Arena, Jakarta. Ridel menang atas atlet Cina, Lciop 3-1. (Foto: sportku.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Emas pertama Indonesia di cabang eSports Asian Games 2018 berhasil diraih oleh atlet Ridel Yesaya Sumarandak pada gim Clash Royale, Senin (27/08/18) di Britama Arena Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta. Atlet asal Sulawesi Utara tersebut berhasil mengalahkan atlet andalan Cina, Lciop dengan skor telak 3-1 melalui winner bracket.

Dengan ID BenZer Ridel, atlet berusia 16 tahun tersebut berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2. Dengan ini, medali perak diberikan kepada Cina, sedangkan medali perunggu diberikan kepada Vietnam. Meskipun emas yang didapatkan tidak memberi pengaruh terhadap klasemen Indonesia, torehan prestasi ini tetap patut diacungi jempol. 

“Meski perolehan Medali eSport tidak pengaruhi Klasemen Asian Games 2018, karena statusnya yang masih eksebisi atau uji coba, namun kemenangan ini harus diapresiasi. Lawan-lawan yang dihadapi juga tidak mudah, ada delapan negara, yakni Laos, Hong Kong, Indonesia, China, Vietnam, Uzbekistan, Arab Saudi, dan India,” tulis Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam akun Instagramnya.

Saat konferensi pers terkait pengenalan cabang olahraga baru di Asian Games tersebut yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta pada Jumat (24/08/18), Ketua Asosiasi eSport Indonesia (IeSPA) Eddy Lim mengatakan, target dari ajang ini adalah agar dari keenam permainan yang diperlombakan, setidaknya Indonesia bisa membawa dua atau tiga medali. Kini, harapan tersebut perlahan terwujud.

Pada gelaran Asian Games 2018 Jakarta Palembang, eSports muncul sebagai cabang olahraga yang masih didemonstrasikan. Dengan demikian, medali yang didapatkan oleh atlet tidak dihitung, sehingga tidak berpengaruh pada peringkat perolehan medali negara peserta. Empat tahun ke depan, eSports baru mulai secara resmi dipertandingkan di Asian Games 2022 di Hangzhou, Cina.

Prestasi yang didapatkan oleh para atlet eSports Indonesia kali ini menjadi modal berharga dalam mempersiapkan diri menuju pertandingan yang sesungguhnya di Asian Games berikutnya.

Sebanyak 150 atlet eSports turut bertanding. Kompetisi eSports dibuka dengan Arena of Valor pada 26 Agustus lalu, dilanjutkan dengan Clash Royale (27 Agustus), League of Legends (27-29 Agustus), Starcraft II (30 Agustus), Hearthstone (31 Agustus), dan Pro Evolution Soccer 2018 (1 September).

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: sportku.com

Sumber: asiangames2018.id