Indonesia Seimbang Kontra Myanmar di Partai Pembuka Piala AFF U22 2019

Foto : PSSI
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Timnas U22 Indonesia ditahan imbang 1-1 oleh timnas U22 Myanmar pada laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF U22 2019, Senin (18/02/19) di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja.

Tampil dengan gaya menyerang, Pelatih Indonesia Indra Sjafri memilih menggunakan formasi 4-3-3. Namun, gawang Indonesia lebih dulu dijebol oleh pemain Myanmar, Myat Khaung Kant di menit ke-13. Berada dalam posisi tanpa pengawalan, Myat Khaung Kant dengan leluasa menerima bola datar yang berhasil disarangkan ke gawang Awan Seto.

Di menit-menit awal Indonesia memang terlihat mengalami kendala dengan kondisi lapangan sintetis, tetapi tim nasional (timnas) Indonesia terus berupaya untuk menguasai permainan.

Menit ke-38 gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi. Berawal dari sepak pojok dari sisi kanan pertahanan Myanmar, bola lambung berhasil dituntaskan Rachmat Irianto menjadi gol. Skor imbang 1-1 hingga turun minum.

Bermain lebih menekan di babak kedua, percobaan demi percobaan dilakukan tim Garuda Muda tetapi selalu bermasalah pada penyelesaian akhir. Menit ke-51, tandukan Andy Seto harus melebar dari gawang Myanmar, begitu pula tembakan Asnawi Mangkualam yang melebar pada menit ke-59.

Witan Sulaeman ditarik keluar pada menit ke-65 akibat cedera. Ia kemudian diganti dengan Billy Keraf. Disusul oleh Samuel Christianson yang juga cedera dan digantikan Firza Andika pada menit ke-72.

Lebih dari 20 menit sejak ditiupnya peluit babak kedua, para pemain depan Indonesia masih belum berhasil merobek gawang Myanmar yang dijaga oleh Thitsar Min.

Peluang emas tercipta di menit ke-74, tendangan Dimas Drajad dipatahkan dan membuahkan tendangan sudut. Lagi-lagi tandukan Andi Seto yang memanfaatkan bola lambung masih melenceng dari gawang. Pada menit ke-76, sepakan Dimas Drajad kembali dipatahkan kiper Thitsar Min.

Jelang akhir pertandingan, Myanmar tampak lebih banyak menguasai bola, beberapa ancaman pun sempat datang dari para pemain Myanmar. Namun, hingga laga usai, skor masih tetap 1-1. Atas torehan ini, Indonesia berada di posisi dua klasemen sementara Grup B Piala AFF U22 2019 di bawah Kamboja yang menang  tipis atas Malaysia, 1-0.

Laga selanjutnya, Indonesia akan bertemu Malaysia pada Rabu (20/02/19) di stadion yang sama. Sementara itu, Myanmar akan bersua dengan tim tuan rumah, Kamboja.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Ivan Jonathan

Foto: PSSI