Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E Tahun 2020

Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E tahun 2020. (Foto: Cnnindonesia.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Jakarta resmi menjadi salah satu tuan rumah Formula E pada 2020 mendatang. Perlombaan itu akan dilakukan pada 6 Juni 2020, begitu kata dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/09/19).

Anies juga menyebutkan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah selama lima tahun berturut-turut nantinya. Kejuaraan balap dengan kendaraan elektrik single-seater akan dilaksanakan di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Insya Allah kita selenggarakan bukan hanya satu tahun. Kita alhamdulillah dapat kesempatan menjadi tuan rumah lima tahun berturut-turut,” ucap Anies di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (20/09/19) kepada detik.com.

Penyelenggaraan Formula E akan memberikan dampak pada perekonomian di DKI Jakarta. Terutama di sektor sport tourism. Selain itu, dapat pula memberi manfaat pada okupasi hotel, restoran, bahkan ekonomi warga Jakarta kebanyakan. Adanya Formula E juga dapat dipakai sebagai kampanye kendaraan ramah lingkungan sekaligus mempromosikan kelebihan-kelebihan mobil listrik, bahwa mobil listrik sekarang sudah bisa dibuat balapan yang sejalan dengan visi transportasi Jakarta yang menggunakan transportasi bebas emisi. Alhasil akan berdampak pada lingkungan serta gaya hidup masayarakat untuk menggunakan transportasi berbasis energi yang berkelanjutan.

Sementara itu, penyelenggaraan Formula E di Jakarta disambut baik oleh Alberto Longo yang menjelaskan alasan utama Jakarta terpilih menjadi tuan rumah bagi acara yang akan dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo ini.

“Formula E adalah senjata untuk melawan perubahan iklim dan polusi kota dan kita selalu balapan di jantung kota, dan alasan menjadikan Jakarta karena kita memiliki kesamaan visi untuk memberikan perhatian lebih ke planet ini dan bagian solusi dari itu adalah Formula E yang merupakan platform promosi untuk masyarakat lebih mencintai lingkungan hidup,” kata Alberto Longo seperti yang dikutip dari Beritasatu.com.

Formula E terkenal sebagai ajang balap mobil listrk yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai arena balapnya. Sudah ada 12 kota di dunia yang menggelar ajang ini, antara lain Hong Kong, Roma, Paris, Berlin, dan New York.

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Abel Pramudya

Foto: cnnindonesia.com

Sumber: kompas.com , beritasatu.com , cnnindonesia.com , tirto.id , detik.com