Jamu Filipina, Timnas Indonesia Pesta Gol

Bagus Kahfi (kiri) merangkul David Maulana (kanan) saat melakukan selebrasi usai David mencetak gol ke gawang Filipina pada Minggu 29/7/2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: @pssi_fai)
Share:

SIDOARJO, ULTIMAGZ.com Tim nasional Indonesia U-16 berhasil melibas Filipina 8 gol tanpa balas pada laga perdananya di ajang AFF U16 Championship 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/07/18). Bermain dengan formasi 4-3-3 anak-anak asuh Fakhri Husaini tampil terbuka dan bermain menyerang sejak menit awal.

Gol pertama terjadi pada menit ke-2 melalui sontekan penyerang Indonesia, Mochamad Supriadi. Supriadi berhasil mengonversi umpan yang datang dari Bagas Kaffa. Selang 16 menit, gelandang Komang Teguh Trisnanda menggandakan keunggulan Indonesia menjadi 2-0 melalui tandukannya.

Gol ketiga datang dari Fajar Fathur Rahman pada menit ke-32. Pemain dengan nomor punggung 22 ini menyundul bola sepak pojok yang dikirim oleh David Maulana. Keunggulan 3-0 bagi Indonesia terus bertahan hingga usainya babak pertama.

Masuk ke babak kedua, “Garuda Muda” kembali menggebrak. Sutan Zico yang berdiri dalam posisi bebas, menanduk bola ke sudut sempit kanan kiper Filipina, Franc John Barrera. 

Seolah belum puas, Indonesia kembali membuat Barrera harus memungut bola dari gawangnya di menit ke-56. Rendy Juliansyah menjadi pemain Indonesia kelima yang mencatatkan namanya di papan skor, setelah berhasil memanfaatkan bola kiriman Supriadi. 

Menit ke-63, wasit menunjuk titik putih setelah pemain Filipina kedapatan melakukan pelanggaran di kotak terlarang. David Maulana yang menjadi eksekutor sukses memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 6-0.

Tak butuh waktu lama, di menit-67 Indonesia kembali mencetak gol. Kali ini, Bagus Kahfi yang berhasil merobek gawang Filipina setelah menerima umpan dari Rendy.

Pesta gol akhirnya berakhir pada menit ke-73. Kahfi yang berdiri bebas di mulut gawang, menerima umpan dari kembarannya, Kaffa, yang secara mantap dimaksimalkan menjadi gol kedelapan Indonesia. 

Berkat kemenangan dengan skor masif ini, Indonesia sukses memuncaki klasemen sementara grup A.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: PSSI