Jumpa Vietnam, Indonesia Tuai Kemenangan

(Sumber foto: Instagram @pssi_fai)
Share:

SIDOARJO, ULTIMAGZ.com – Tim nasional Indonesia U-16 kembali menuai kemenangan di gelaran piala AFF U-16. Dalam laga kontra Vietnam, Kamis (02/08/18) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia memenangkan pertandingan dengan skor akhir 4-2.

Gol pertama dalam pertandingan ini datang dari Vietnam pada menit ke-6. Berawal dari kesalahan antisipasi di lini pertahanan Indonesia, Dinh Tranh Trung berhasil menguasai bola yang secara leluasa dilesatkan ke gawang Indonesia. 

Terus coba membangun serangan, Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-29. Memanfaatkan bola yang mengarah ke sudut sempit kanan gawang, Mochammad Supriadi melakukan sepakan mendatar yang tak mampu dihalau oleh kiper Vietnam. Hingga turun minum, skor masih tetap imbang, 1-1.

Babak kedua baru berjalan 4 menit, di menit ke-44 Indonesia dihadiahi tendangan pinalti oleh wasit atas pelanggaran yang dilakukan pemain Vietnam di kotak terlarang. Tendangan 12 pas dieksekusi dengan baik oleh Bagus Kahfi. Kali ini Indonesia memimpin 2-1.

Memperbesar selisih gol, Bagus kembali merobek gawang Vietnam pada menit ke-60. Umpan tarik yang diberikan oleh kembarannya, Bagas Kaffa, berhasil dikonversi Bagus mejadi gol ketiga untuk Indonesia.

Terjadi insiden di menit ke-65. Pemain Vietnam melakukan pelanggaran terhadap Fajar Fathur Rahman. Pemain Indonesia pun terpancing emosi. Salah satunya, Bagas Kaffa yang terlibat adu jotos dengan pemain Vietnam bernomor punggung 10. Ujungnya, Indonesia dan Vietnam harus bermain dengan 10 pemain, setelah keduanya mendapat sanksi kartu merah oleh wasit. 

Tampil lebih menyerang, Vietnam terus menekan pertahanan Indonesia. Menit ke-72, pemain Vietnam dilanggar di kotak pinalti Indonesia. Thanh Trung yang mengambil tendangan dari titik putih, berhasil mengecoh kiper Ernando Ari untuk membuka asa bagi Vietnam.

Menit ke-84 Indonesia kembali menambah pundi-pundi golnya. Melalui umpan kiriman Bagus, Andre yang berlari bebas tanpa pengawalan berhasil menyarangkan bola di gawang Vietnam lewat sontekannya.

Hasil pertandingan ini mengamankan posisi Indonesia sebagai pemimpin klasemen grup A pada gelaran AFF U-16 Championship 2018 dengan 9 poin. Sementara itu, Vietnam yang mengoleksi 6 poin, harus puas berada di posisi tiga klasemen di bawah Myanmar.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Instagram @pssi_fai