Laga Indonesia vs Thailand, Simon McMenenmy Pastikan Skuatnya Siap

Pemain Timnas Indonesia berfoto sebelum melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (05/09/19) pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia. (Foto: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Simon McMenenmy memastikan skuatnya siap menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/09/19). Kedua tim akan melakukan duel pada laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kedua tim sama-sama mencari poin dalam laga kali ini. Thailand baru mengoleksi satu poin usai ditahan imbang Vietnam 0-0 di depan pendukung mereka sendiri. Sementara itu, Indonesia yang dikalahan Malaysia 2-3 di kandang sendiri belum mendapat poin sama sekali, sehingga berada di posisi juru kunci Grup G.

Menurut Simon, mental anak-anak asuhnya sudah terbangun kembali usai menelan kekalahan atas Malaysia. “Pemain saya seorang pejuang. Mereka siap bertanding bahkan mereka akan terus berlari sampai tidak bisa berlari lagi,” ujar Simon, dikutip dari bolalob.com.

Dalam menghadapi Thailand, Simon mengatur strategi timnya dengan menunjukkan determinasi dan menjaga stamina pemain agar tidak boros. Simon juga ingin agar permainan timnya tidak hanya bagus pada babak pertama, tetapi juga pada babak kedua.

Kiper Timnas Indonesia Andritany Ardhiyasa yang mendapat sorotan publik Indonesia usai gawangnya dijebol tiga kali oleh Malaysia mengajak rekan-rekan setimnya untuk bangkit kembali menghadapi pertandingan selanjutnya. Sebagai kapten, ia merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri tim Garuda.

Meski Indonesia hanya menang dua kali atas Thailand dalam 10 laga terakhir, Indonesia diuntungkan dengan tampil di rumahnya sendiri. Pasalnya, tim negeri Gajah Putih tidak pernah menang ketika bermain di SUGBK dalam 11 tahun terakhir.

Skuat Garuda juga terbantu dengan adanya dua pemain yang merumput di Liga Thailand. Rudolof Yanto Basna saat ini membela Sukothai FC dan Victor Igbonefo di PTT Rayong. Irfan Bachdim pun pernah bermain bersama Chonburi FC dan Sirracha FC. Dalam pertandingan kali ini, ketiganya dapat memberikan informasi karakter permainan Thailand.

Dilansir dari bolasport.com, Timnas Thailand masih dalam tahap transisi di bawah asuhan pelatih baru asal Jepang, Akira Nishino. Laga Thailand vs Vietnam merupakan pengalaman perdananya berkarier di luar Jepang. Ia pun masih buta dengan peta kekuatan sepak bola Asia Tenggara. Meski demikian, Simon McMenenmy mengatakan bahwa kualitas Timnas Thailand tak dapat diremehkan.

“Namun tetap berbahaya pemainnya, ingat masih ada Chanatip. Ada pula Supachok,” kata Simon, seperti dikutip bolasport.com.

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: kompas.com

Sumber: bolalob.com, bolasport.com, kompas.com