Mengenal Cabang Olahraga Kabaddi

Para pemain kabaddi Indonesia berhasil menghentikan laju pemain kabaddi Malaysia Ravindran Logeann (kuning) dalam babak penyisihan olahraga Kabaddi Putra Asian Games 2018 di Gedung Teater Garuda, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (21/8). Tim kabaddi Indonesia menang atas Malaysia dengan skor 30-22.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kabaddi, nama yang mungkin terdengar asing di telinga kebanyakan orang. Nama tersebut merupakan nama salah satu dari 45 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Olahraga ini berasal dari India dan diperkirakan muncul sejak 4.000 tahun yang lalu. Kabaddi pertama kali dipertandingkan dalam Asian Games 1990 di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok. Sedangkan, di Indonesia kabbadi sendiri baru dikenal sepuluh tahun terakhir.

Sekilas, kabaddi mirip permainan tradisional Indonesia, Gobak Sodor. Namun, kabaddi memadukan unsur olahraga rugby dan gulat. Kabaddi dimainkan di lapangan berukuran 10 x 13 meter untuk pria dan 8 x 12 meter untuk wanita, dengan sebuah garis tengah (midline) yang membelah lapangan. Permainannya terdiri atas da babak dengan durasi masing-masing 20 menit dan lima menit waktu istirahat antarbabak.

Inti dari permainan ini adalah mencetak poin dengan cara menyerang area musuh dan menyentuh satu atau lebih anggota tim lawan. Ketika menyerang area lawan, penyerang (raider) mesti menyerbu sambil menahan napas dan mengucapkan “kabaddi, kabaddi, kabaddi”. Penyerang tersebut juga harus bisa meloloskan diri dari tangkapan lawan.

Ketika penyerang dari tim lawan datang, tim yang bertahan harus berusaha menghalangi agar ia tidak bisa kembali ke daerahnya dengan cara menahan dan menjatuhkannya ke tanah. Bila tim bertahan gagal menahan penyerang lawan maka pemain yang disentuh oleh si penyerang akan dianggap keluar untuk sementara. Mereka hanya boleh kembali ke lapangan setelah timnya berhasil meraih poin saat menyerang atau menangkap penyerang yang menyerbu ke area timnya.

Target Masuk Final Gagal

Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) menargetkan timnas kabaddi Indonesia berhasil lolos ke babak final. Sayangnya, tim kabaddi Indonesia baik putra maupun putri harus puas bermain sampai di babak penysisihan saja. Untuk kategori putra, tim kabaddi India dan Pakistan berhasi meraih medali perunggu, sedangkan Korea Selatan mendapat medali perak dan Iran mendapat medali emas. Peraih medali perunggu kabaddi kategori putri adalah Thailand dan Taipei. Medali perak dan emas berhasil dibawa pulang oleh tim kabaddi putri India dan Iran.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Antara Foto

Sumber : asiangames2018.id, tirto.id