NBA: Carmelo Anthony Akhirnya Ambil Keputusan

Share:

AMERIKA SERIKAT, ULTIMAGZ.com – Salah satu bintang Liga Basket Amerika Serikat (NBA), Carmelo Anthony akhirnya ambil langkah besar untuk performanya di musim mendatang. Kesepakatan kontrak bermain dengan Oklahoma City Thunder mengakhiri isu-isu perpindahan Anthony dari New York Knicks beberapa bulan terakhir ini.

“Melo”, julukan Anthony, sepakat untuk memutuskan kontraknya dengan Knicks dan bergabung dengan Thunder. Melansir espn.com, finalisasi kontrak akan dilakukan pada Senin (25/09/17) di Oklahoma City, dan Anthony diharapkan bisa segera memulai latihannya dengan Thunder Selasa ini.

Perpindahan pemain bernomor punggung tujuh tersebut bukan merupakan hal baru. Pasalnya, Anthony telah merencanakan perpindahannya sejak beberapa bulan yang lalu. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa pemain berusia 33 tahun ini akan hijrah ke Houston Rockets, Cleaveland Cavaliers, Portland Trail Blazers, dan Oklahoma City Thunder.

Rumor-rumor tersebut bermunculan pasca musim 2016-2017. Sebab, sejumlah tim di NBA memang tertarik untuk merekrut Anthony dalam baris depan tim mereka. Tim seperti Houston, diwartakan espn.com, memang sudah tertarik untuk menukar Anthony dengan salah satu pemain forward-nya, Ryan Anderson. Namun, wacana tersebut tidak sampai pada kesimpulan lantaran Knicks cenderung ingin menukar Anthony dengan Eric Gordon dan Trevor Ariza milik Rockets.

Portland Trail Blazers juga telah mengincar pemain sepuluh kali allstar tersebut. Pada tajuk ini, Anthony tidak menyetujui perpindahannya ke Blazers.

Satu dan lain hal menyebabkan Anthony tak kunjung menemui titik kesepakatan, baik dengan Knicks maupun dengan tim yang akan merangkulnya. Hal ini juga menyebabkan rumor terus beredar terkait perpindahan Anthony.

Klausul “no-trade”

Salah satu penyebab sulitnya menempatkan Anthony pada tim yang seusai adalah klausul no-trade yang dimilikinya. Klausul ini merupakan hak spesial yang dimiliki seorang pemain untuk tidak ditukar ke tim lain tanpa berdasarkan pertimbangan pribadinya.

Laporan dari businessinsider.sg menyatakan, eks Manajer Umum New York Knicks Phil Jackson memang hendak menyingkirkan Anthony dari Knicks pada musim 2017-2018 yang akan datang. Jackson yang digantikan Scott Perry pada musim ini menilai permainan Anthony mulai menurun dibandingkan sejak pertama Jackson merekrut perpanjangan kontrak lima tahun dengan Melo.

Namun, hal tersebut tak dapat direalisasikan karena Melo yang memiliki klausul no-trade, yang berarti Jackson tidak dapat semata-mata menukar atau memindahkan Anthony ke salah satu tim yang dipilihnya.

Pada dasarnya, sebuah tim olahraga dapat melakukan pertukaran dan transfer pemain ke tim lain tanpa mengalami intervensi dari pemain yang bersangkutan. Sebaliknya dalam kasus ini, Anthony memegang kendali atas dirinya sendiri untuk tidak ditukarkan ke tim yang tidak diingininya.

Ironisnya, hak khusus tersebut diberikan oleh Jackson saat perundingan kontrak bermain Anthony dengan Knicks dua tahun silam. Pemberian klausul tersebut merupakan salah satu upaya Jackson untuk mempertahankan Anthony agar tetap bermain dengan Knicks.

Pun, Anthony akhirnya memutuskan untuk melepas hak klausul tersebut dengan berpindah ke Oklahoma City Thunder. Di lain pihak, Knicks yang kehilangan Melo mendapatkan Enes Kanter, Doug McDermott, dan pemain putaran kedua Thunder pada NBA Draft akhir musim mendatang.

Kini Anthony akan bermain berdampingan dengan Russell Westbrook dan Paul George yang juga merupakan pemain dominan di tim tersebut. Anthony yang sebelumnya merupakan pemain andalan New York harus menyesuaikan diri dengan dominansi Westbrook dalam tim tersebut. Melansir cbssport.com, keinginan Melo untuk mendapatkan bola dan mencetak angka perlu disesuaikan dengan keadaan tim.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: postingandtoasting.com

Sumber: espn.com, bleacherreport.com, cbssport.com, nba.com, nypost.com, businessinsider.sg, wikipedia.com