Tekuk China, Marcus/Kevin Pertahankan Gelar Japan Open

Ganda putra Indonesia Marcus Fernadil Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang juga menjadi pasangan nomor satu dunia keluar sebagai juara Japan Open 2018 setelah unggul dua gim melawan pemain China Li Junhui/Liu Yuchen di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Minggu (16/09/18). (Foto: badmintonindonesia)
Share:

TOKYO, ULTIMAGZ.com – Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernadil Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil mempertahankan gelar juara Japan Open setelah unggul atas pasangan asal China, Li Junhui/Liu Yuchen di Tokyo, Jepang, Minggu (16/09/18).

Berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, partai puncak kali ini terbilang ideal karena mempertemukan unggulan pertama Marcus/Kevin dengan unggulan kedua Li/Liu.

Sejak pertandingan dimulai, permainan sudah berlangsung sengit. Marcus/Kevin sempat unggul dua poin beruntun, tetapi berhasil disamakan oleh Li/Liu 2-2. Marcus/Kevin berhasil mengungguli Li/Liu di interval pertama 11-6 dan terus mendominasi hingga akhir gim dengan skor 21-11.

Memasuki gim kedua, permainan berjalan seru dengan beberapa kali reli panjang yang terjadi. Li/Liu sempat unggul 8-6, namun Marcus/Kevin tidak tinggal diam. Bangkit dari ketertinggalan, peraih medali emas Asian Games 2018 ini unggul 11-9 saat interval. Semakin melesat jauh, pasangan ini mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 21-13. Marcus/Kevin akhirnya keluar sebagai juara Japan Open 2018 setelah unggul dua gim atas Li Junhui/Liu Yuchen.

Atas hasil ini, statistik kemenangan Marcus/Kevin lawan Li/Liu menjadi 8-1 dari 9 laga. Pertama kali bertemu di Vietnam Open 2015, Marcus/Kevin harus mengakui keunggulan Li/Liu. Namun, sejak All England 2017 hingga sekarang, Li/Liu belum pernah menang lagi saat menghadapi Marcus/Kevin.

Gelar juara Japan Open 2018 merupakan gelar keenam bagi Marcus/Kevin dari seluruh kejuaraan yang mereka ikuti pada 2018 setelah Indonesia Masters, India Open, All England, Indonesia Open, dan Asian Games. Selain itu, titel ini juga menjadi yang ke-18 bagi Marcus/Kevin sejak keduanya dipasangkan pada 2015.

 

Penulis: Abel Pramudya

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: badminton Indonesia

Sumber: kompas.com bolasport.com