Indonesia Kembali Gelar MotoGP Tahun 2021

sumber: indosport.com
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sejak terakhir kali digelar pada tahun 1997, salah satu kompetisi balap motor taraf internasional MotoGP akan kembali digelar di Tanah Air pada 2021 mendatang. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan menjadi promotor dalam kompetisi tertinggi balap motor ini yang rencananya memakai sirkuit di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

ITDC telah menandatangi kontrak dengan Dorna Sport SL sebagai penyelenggara MotoGP. Kontrak yang ditandatangani tersebut berdurasi tiga tahun. Pihak Dorna Sport SL sendiri akan segera membuat pengumuman resmi.

Mandalika ini bukanlah satu-satunya daerah di Indonesia yang diajukan untuk menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP. Sebelumnya, Sirkuit Sentul dan Sirkuit Jakabaring juga pernah diajukan namun gagal. 

Untuk merealisasikan sirkuit Mandalika ini, ITDC bekerja sama dengan Vinci Construction and Grand Projects. Perusahaan infrastruktur asal Prancis ini akan membantu dalam pembuatan sirkuit dan keperluan balap lainnya. Rencananya, pembangunan akan dimulai pada Oktober 2019.

Seri MotoGP Mandalika direncanakan memakai konsep sirkuit jalanan. Hal ini menjadi kali pertama bagi MotoGP untuk menggelar balapan di sirkut tidak permanen. Konsep tersebut merupakan hasil meniru dari Formula 1  yang sudah pernah menggunakan sirkuit jalanan dan diperkirakan memakai biaya yang lebih murah.

Sirkuit sepanjang 4,32 kilometer dan 18 tikungan ini akan dikelilingi dengan bukit-bukit indah yang telah menjadi khas daerah Lombok.  Pihak Dorna juga sudah pernah meninjau lokasi pada akhir tahun 2018 lalu. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan sirkuit ini diperkirakan akan menghabiskan 40-50 juta dolar. 

ITDC sendiri mengaku telah mendapat dukungan dari pemerintah. Kementerian Olahraga dan Kementerian Pariwisata paling berperan dalam memberi dukungan terhadap kontrak ini. 

Dengan resminya Mandalika menjadi penyelenggara MotoGP, hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga di kawasan Asia Tenggara yang berhasil menjadi tempat pembalap sekelas Rossi bertanding. Sebelumnya, Malaysia dan disusul oleh Thailand -pada tahun 2018 lalu- sudah lebih dulu menjadi tuan rumah seri MotoGP.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Hilel Hodawya

Sumber: cnnindonesia.com, detik.com, mojok.co, rungansport.com

Foto: indosport.com