Gim Para Penyintas: PUBG atau Fortnite?

Tampilan poster Fortnite (kiri) dan tampilan poster Player Unknown Battleground (PUBG) (kanan). (Sumber foto: Alltheedge.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tipe permainan “battle royale” atau bertahan hidup hingga akhir sedang diminati para pecinta permainan virtual. Alhasil, para survivor atau penyintas dunia maya kerap mencari gim yang cocok dengan selera bermainnya.

Terdapat sejumlah permainan virtual yang siap dicoba para penyintas dunia maya. Adapun, beberapa gim siap beradaptasi dengan media permainan yang beragam seperti PC, Xbox, dan ponsel pintar. Namun, diantara banyaknya gim para penyintas, dua teratas saat ini jatuh pada Player Unknown Battleground (PUBG) dan Fortnite Battle Royale.

Kedua gim memiliki tujuan serupa, yakni menjadi yang terakhir bertahan hidup di antara sekian banyak pemain. Pun, terdapat sejumlah perbedaan yang akan mempengaruhi pengalaman bermain Ultimates. Berikut merupakan perbedaan antara kedua gim tersebut:

Player Unknown Battle Ground (PUBG)

Permainan ini sebenarnya bukan permainan baru karena sudah rilis di portal gim Steam sejak tahun 2017 silam. Pun, meningkatnya peminat permainan battle royale sekaligus menaikkan nama PUBG sebagai salah satu gim tersohor dengan mode tersebut. PUBG kerap dielu-elukan sebagai inisiator dari permainan serupa. Nyatanya, belum dapat dipastikan apakah gim ini yang menginisiasi genre permainan battle royale.

Gim ini hadir dengan kualitas grafis yang realistis, sehingga dapat membuat para pemainnya merasakan ketegangan bertahan hidup. Selain itu, ketegangan juga terbangun lewat grafis yang diatur secara semi militer.

Dari sisi jalan cerita, para penyintas akan diturunkan dari sebuah pesawat dan harus mencari peralatan-peralatan untuk bertahan hidup. Jalan cerita dinilai cukup realistis dan terkesan serius, sehingga pemain kerap ikut tegang ketika menggerakan kursor dan menekan tombol pada mouse.

Animasi yang disuguhkan juga ternilai cukup nyata. Ketika menembak akan muncul efek goncangan ringan dan perubahan posisi di layar yang cenderung naik, seolah sedang menembak dalam kehidupan nyata.

Model senjata yang tersedia untuk diambil juga cukup realistis dan sesuai dengan senjata militer yang kerap dijumpai pada film dan buku bacaan. Selain itu, peta bermain (map) yang disediakan juga cukup luas, sehingga cenderung lebih sulit menemukan pemain yang lain.

Sayangnya, gim ini berbayar jika dimainkan melalui layanan Steam di PC. Namun, PUBG Mobile atau versi ponsel pintar gim tersebut tidak memungut biaya, meski memakan memori yang relatif besar untuk gim ponsel pintar.

Secara garis besar, kesan PUBG adalah permainan penyintas yang cukup serius, namun tetap menyenangkan dan kompetitif untuk dimainkan.

Fortnite Battle Royale

Gim ini bertolakan dengan PUBG yang dibahas sebelumnya. Meski memiliki tujuan yang sama untuk mempertahankan diri, namun Fortnite memiliki fitur membuat bangunan yang dapat dimanfaatkan untuk bertahan hidup.

Perbedaan mendasar dengan PUBG adalah kehadiran fitur konstruksi bangunan pada Fortnite, pemain dapat membuat tangga, tembok, dan tempat berpijak menggunakan bahan-bahan yang dapat diambil di dalam gim. Bahkan, kemampuan mengonstruksi yang baik dapat menguntungkan pemain untuk menguasai permainan.

Secara grafis, Fortnite memiliki grafis seperti animasi kartun yang penuh warna. Akibatnya, suasana gim terasa tidak terlalu menegangkan karena animasi yang tidak terlalu realistis seperti dalam PUBG. Beberapa pihak menilai grafis model kartun menyebabkan gim tersebut terasa kekanak-kanakan. Nyatanya hal tersebut belum tentu tepat, lantaran banyak gim yang menerapkan strategi serupa untuk memperoleh peminat atas permainannya.

Meski menggunakan model kartun, animasi tembak-menembak tetap tampak nyata meski tidak ada efek darah seperti pada PUBG.

Perbedaan peta permainan pada gim ini terletak pada ukurannya yang cenderung lebih kecil. Dampaknya, durasi permaianan cenderung lebih cepat, lantaran para pemain cepat bertemu satu dengan yang lainnya. Di sisi lain, kemampuan eksplorasi menjadi tak seluas PUBG.

Fortnite dapat dimainkan melalui portal gim Epic Games yang tersedia pada PC, Xbox, dan Playstation. Kekurangannya, pemain tak dapat melakukan pengubahan pada skin atau tampilan karakter secara gratis.

Jadi, tipe penyintas seperti apakah kalian, Ultimates?

 

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: alltheedge.com