Bincang Hangat dengan Rektorat Kenalkan Semester Antara

Dewan Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (DKBM UMN) menyelenggarakan Bincang Hangat Bersama Rektorat bertajuk "Student Aspiration Week" yang dihadiri oleh (dari kiri ke kanan) Monica Claudia (Wakil Ketua DKBM), P. M. Winarno (Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat), Muliawati G. Siswanto (Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama), Andrey Andoko (Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan), Ninok Leksono (Rektor UMN), Ika Yanuarti (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan), Hira Meidia (Wakil Rektor Bidang Akademik), dan Aryo Gumilang (Staff Student Development UMN) pada Selasa (07/05/19) di Lecture Theatre, Gedung D UMN, Tangerang. (ULTIMAGZ/Fany)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dewan Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (DKBM UMN) mengajak mahasiswa dan pihak rektorat untuk saling menyampaikan aspirasi dalam acara yang bertajuk “Bincang Hangat Bersama Rektorat” pada Selasa (07/03/19). Dalam acara yang menjadi bagian dari rangkaian Student Aspiration Week itu, rektorat menyampaikan informasi mengenai Semester Antara yang rencananya dilaksanakan pada 2020.

“Semester Antara ini sudah ditetapkan pemerintah beberapa tahun yang lalu. Semester itu harus ada delapan minggu dan mahasiswa bisa ambil tiga mata kuliah baru (9 SKS), serta untuk perbaikan nilai sehingga bisa lulus lebih cepat,” tutur Wakil Rektor Bidang Akademik Hira Meidia di Lecture TheatreGedung D UMN.

Menurut Hira, Semester Antara dapat mempercepat waktu belajar mahasiswa menjadi kurang dari empat tahun. Semester Antara berbeda dengan Semester Pendek (SP) yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai agar dapat lulus tepat waktu. Hira menambahkan, dalam menentukan agenda akademik dengan Semester Antara, dia menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Semester Antara ini juga berpengaruh pada kurikulum setiap jurusan yang ada di UMN. Terlebih dengan adanya beberapa mata kuliah yang hanya bisa diambil jika sudah mengikuti mata kuliah tertentu. Hira mengatakan, prodi juga harus memikirkan pengaturan sistem kurikulum agar dapat memajukan mata kuliah tertentu sehingga Semester Antara dapat dijalankan. Semester Antara dijadwalkan akan terealisasi saat mahasiswa baru angkatan 2020 masuk UMN. 

“Sistemnya sedang disiapkan yang diharapkan sosialisasinya bertepatan dengan masuknya mahasiswa baru angkatan 2020,” katanya. 

Hira mengharapkan dengan adanya Semester Antara, mahasiswa dapat memproyeksikan diri bisa lulus tepat empat tahun bahkan tiga setengah tahun, atau membantu mahasiswa agar lulus tepat waktu. 

 

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Fany