Cara Sehat Raih Bentuk Tubuh Ideal untuk Mahasiswa

William Sudarso, Finalis L-men of The Year (tengah) dan Stefanie Tan, Promotion Associate Manager WRP (kanan) menjadi pembicara dalam acara Youngster 2016 yang diadakan oleh LPPM Rumpin di Function Hall UMN (24/11/2016)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Memiliki tubuh yang ideal tentunya sudah menjadi tujuan bagi kaum muda, khususnya mahasiswa. Menyadari hal tersebut, LPPM Rumpin bekerjasama dengan Nutrifood untuk menyelenggarakan seminar yang bertajuk “Let’s Get Your Body Goals” di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Kamis (24/11/16). Seminar tersebut dibawakan oleh dua pembicara yaitu Stefanie Tan selaku Promotion Associate Manager WRP dan William Sudarso yang menyandang gelar Mr. Goodwill International 2014 dan finalis L-Men of the Year.

foto1
William Sudarso sedang membagikan tips cara membentuk tubuh yang ideal untuk kaum laki-laki kepada peserta Youngster 2016 di Function Hall UMN (24/11/2016)

Seminar yang merupakan bagian dari rangkaian acara Youngster ini membagikan tips kepada mahasiswa agar dapat memiliki fisik yang ideal melalui cara-cara yang sehat dan positif, dan salah satunya adalah melalui diet. Menurut Stefanie, meskipun diet adalah cara yang mudah untuk mengurangi berat badan, namun masih ada beberapa yang mengalami kegagalan dalam mencoba cara tersebut.

“Selama saya konsultasi lima tahun belakangan ini, kalau boleh digali, 10 dari 1000 orang yang mencoba diet itu ngalamin gagal diet,” tuturnya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa kegagalan diet disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang sering dialami antara lain kurangnya komitmen terhadap diri sendiri untuk menjalani proses tersebut serta pengaruh dari lingkungan sekitar. Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa diet bukan berarti mengurangi porsi makan kita, melainkan mengganti dan mengatur pola makan.

“Diet itu bukan berarti tidak makan. Tidak makan akan mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh dan membuat metabolisme menjadi tidak lancar. Diet berarti pengaturan pola makan dan porsinya,” jelas Stefanie.

Sementara itu, olahraga secara teratur juga merupakan cara yang mudah untuk mengurangi berat badan, seperti yang dijelaskan lebih lanjut oleh William Sudarso. Ia mengatakan bahwa gym adalah salah satu bentuk kontrol terhadap latihan fisik yang menurutnya paling efektif untuk menurunkan berat badan serta membentuk otot pada tubuh, terutama bagi kalangan laki-laki.

Gue menyarankan angkat beban, karena semakin banyak otot yang terbentuk di tubuh maka semakin gampang kamu membakar lemak,” jelasnya.

Melalui seminar ini, Jessica Crescent selaku ketua acara Youngster berharap mahasiswa dapat meluangkan waktu di tengah kesibukannya untuk memulai hidup yang sehat.

“Jadi harapannya setelah acara ini mahasiswa bisa olahraga dan mengurus tubuhnya sendiri di luar kuliah dan di sela-sela kesibukan mereka,” ujarnya saat diwawancara ULTIMAGZ pada akhir seminar.

Penulis: Audrie Safira Maulana
Editor: Monica Devi Kristiadi
Fotografer: Harvey Darian