Kemeriahan Penampilan Tari Khas Indonesia Tutup Arsawati 2017

Tarian Saman yang dibawakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) TRACCE di acara penutupan Arsawati 2017 yang berlangsung di Function Hall UMN, Jumat (15/09/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rangkaian kompetisi tari tradisional persembahan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tracce Arsawati 2017 ditutup dengan penampilan sejumlah tari tradisional Indonesia. Berlangsung di Function Hall, Jumat (15/09/17), persembahan tarian lintas daerah tersebut berhasil menarik perhatian dan apresiasi penonton untuk meramaikan penutupan acara hingga usai.

“Bisanya kalau akhir persembahan penonton pasti keluar dan enggak mau ikutan, tapi tadi semua stay buat nonton bahkan ikutan teriak-teriak, nyanyi-nyanyi, pokoknya meriah banget deh,” ucap Ketua Pelaksana Arsawati 2017 Annisa Vini Farabella.

Salah satu penonton, mahasiswa Jurnalistik 2016 Graceldis Loanardo menggunakan kata menakjubkan untuk mendeskripsikan apa yang disajikan oleh Tracce. Kompilasi tari tradisional tersebut dinilai sebagai suguhan kesenian yang menarik dan bagus untuk ditampilkan.

Selain Grace, salah satu peserta lomba asal SMA Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi, Faiza Maharani memberikan komentar positif terkait penutupan tersebut.

Closing-nya itu keren banget, pokoknya tuh semua acara adat dipaduin jadi satu, jadi keren banget,” puji Faiza.

Dengan maksud menunjukkan ragam budaya tanah air, acara berlogo burung merak ini diakhiri dengan persembahan sejumlah tari tradisional. Beberapa tariannya antara lain adalah Tari Merak asal Jawa Barat, Tari Piring asal Sumatera Barat, dan Tari Saman asal Aceh. Penampilan ini kemudian ditutup dengan flashmob yang dilakukan para panitia.

Sebelumnya, rangkaian penutupan Arsawati 2017 diawali dengan pembacaan sejumlah pemenang dari dua kategori tari tradisional yang dilombakan, kategori tari kreasi dan Tari Saman. Berikut merupakan daftar pemenang Arsawati 2017.

Kategori tari kreasi :

Juara 1 : SMA 1 Kota Serang

Juara 2 : SMAN 23 Kabupaten Tangerang

Juara 3 : SMA Citra Islami

Kategori Tari Saman :

Juara 1 : SMA 8 Al-Azhar Summarecon Bekasi

Juara 2 : SMK Telkom

Juara 3 : SMA Yuppentek 1

Arsawati merupakan kompetisi tari tradisional perdana yang diselenggarakan UKM Tracce untuk tingkat SMA/SMK. Mengadopsi makna nama Arsawati yang berarti berpikir gembira, Tracce berharap bahwa insan muda dapat dengan gembira melestarikan budaya tradisional seperti ini, terutama tari kreasi yang mulai kehilangan peminat.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: Evan Andraws