Pembaruan Versi Sebabkan ‘Maintenance’ My UMN

Tampilan awal situs akademik 'civitas academica' Universitas Multimedia Nusantara (UMN) My UMN.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Peningkatan versi perangkat lunak situs akademik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) My UMN menyebabkan situs tersebut tak bisa diakses pada Sabtu (01/09/18) pukul 21.00 WIB hingga Minggu (02/09/18) pukul 18.00 WIB untuk pemeliharaan sementara seperti tertera pada email student UMN, Kamis (30/08/18) pagi.

“Sesuai program kerja kami (Tim IT UMN) tahun ini, kami mau meng-upgrade versi My UMN ke versi fluid, yakni dari versi 11E ke 12C. Itu sebabnya, mau tidak mau harus ada down time,” jelas Manajer IT UMN Dwi Kristiawan.

Screenshot surel keterangan pemeliharaan situs My UMN, Kamis (30/08/18) pukul 07.54 WIB.

Dwi menambahkan bahwa pemeliharaan jaringan pada hari Sabtu dan Minggu bertujuan untuk memperbarui database My UMN, serta memastikan konsistensi data akibat pembaruan tersebut. Itu sebabnya, situs terpaksa ditutup sementara lantaran tak memungkinkan untuk digunakan sembari memperbarui sistemnya.

Sebagai salah satu program kerja tim IT UMN tahun ini, wacana pembaruan versi My UMN telah dicanangkan sejak awal tahun. Pun demikian, Dwi menyesuaikan waktu eksekusi yang tepat untuk merealisasikan agenda tersebut.

“Kalau malam Minggu kan waktunya mahasiswa bisa pergi, sepi, lah,” guraunya. “Kenapa kami ambil waktu di awal September ini? Karena ketika awal Agustus sebelum berjalannya perkuliahan itu malah lebih banyak penggunaannya, baik untuk persiapan Kartu Rencana Studi (KRS), registrasi ulang, dan lainnya.”

Adapun pembaruan sistem akhir pekan ini tidak akan mengubah tampilan apa pun pada My UMN, hanya saja terjadi peningkatan versi pada sistem situs tersebut. Selain itu, civitas academica UMN dapat kembali mengakses situs My UMN seperti biasa melalui halaman situs.

Pembaruan versi ini merupakan salah satu rangkaian paralel untuk memperbarui sistem dan tampilan My UMN. Ke depannya, ungkap Dwi, My UMN akan memiliki aplikasi seluler untuk digunakan pada gawai masing-masing.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Halaman resmi My UMN, screenshot lampiran surel resmi UMN