Televisonair 3.0 Ajak Media TV Kampus Produksi Konten Kreatif

Yulika Satria Daya Produser Kompas Sport menjadi salah satu pembicara dan moderator dalam Sharing and Discussion Televisionair di Executive Lounge, Gedung A Lantai 7, Universitas Multimedia Nusantara pada Jumat (16/3/2018). Sharing and Discussion Televisionair kali ini membawa tema "Produksi Konten Kreatif Media TV Kampus".
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – UMN TV berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan Televisonair 3.0. Sharing and Discussion menjadi salah satu rangkaian acara Televisionair 3.0 yang diselenggarakan di Executive Lounge Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Jumat (16/03/18), dengan tema Produksi Konten Kreatif Media TV Kampus.

Dalam acara Sharing and Discussion yang melibatkan berbagai media televisi kampus dan Asosiasi Televisi Kampus Indonesia (ATKI), Televisionair 3.0 menghadirkan Produser Kompas Sport Yulika Satria Daya dan Reporter Garuda NET TV Fellya Hartono.

Yulika mengawali presentasi dengan perumpamaan cokelat di Hari Valentine. Berbagai merek cokelat hadir dengan rentang harga yang berbeda, sama halnya seperti media televisi kampus. Yang terpenting adalah pengemasan dari konten yang dimiliki.

Kemudian, Yulika memberi pesan untuk televisi kampus agar fokus pada konten yang dibuat.

“Televisi kampus jangan mengejar teknologi atau budget, tapi kejarlah konten dari media yang kalian miliki,” ujar Yulika.

Menurut Yulika, saat ini banyak acara yang mati karena jumlah share yang kecil sehingga menjadi tugas dari media untuk menciptakan konten-konten yang kreatif dan meningkatkan jumlah share dari program tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Fellya Hartono yang kerap dipanggil Fey. Menurutnya, media wajib menonton berbagai konten, tak hanya dalam negeri tetapi juga luar negeri.

“Tonton berbagai konten kemudian brainstorming dan terapkan prinsip ATM, yaitu amati, tiru, dan modifikasi sehingga media TV kampus tidak hanya meniru tetapi juga memodifikasinya,” ujar alumni Jurnalistik UMN 2012 ini.

Dalam tim televisi kampus, Fey juga menekankan pentingnya kerja sama dan kedekatan antar anggota.

“Seberapa cinta kalian dengan TV kampus? Kedekatan kalian dalam tim akan menentukan bagus atau tidaknya konten yang kalian miliki. Jadikan TV kampus kalian sebagai ‘rumah’ dengan tetap memprioritaskan kuliah,” kata Fey yang juga pernah bergabung dalam UMN TV generasi pertama.

Selain Sharing and Discussion, Televisionair 3.0 yang diselenggarakan dari tanggal 14 Maret – 16 Maret 2018 ini juga terdiri atas berbagai rangkaian kegiatan lain, yaitu Media Festival, workshop, seminar, dan ditutup dengan Malam Penganugerahan.

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Bonaventura Ezra Pradipta