Berbagi Darah Berbagi Kasih dalam Love Donation 2017

Pengemudi ojek online Eko Nurhayato, menjadi salah satu pendonor darah di Love Donation 2017, Mal Ciputra, Jakarta, pada Sabtu (18/02/07)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Acara Love Donation 2017 yang diselenggarakan di Mal Ciputra, Sabtu (18/2/17), mendapat respon positif dari para pengunjung mall. Kegiatan yang diusung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit Thalassemia ini mendatangkan pendonor-pendonor yang banyak berasal dari pengunjung yang kebetulan lewat.

“Aku emang sebenarnya udah rutin donor darah, sekitar tiga bulan sekali lah. Terus pas kebetulan lewat, eh ada acara ini. Ya nggakpapa lah, dengan cara ini bisa sedikit bermanfaat untuk orang lain,” ujar Nisa Noviana salah seorang pendonor yang datanng.

Hampir sama seperti Nisa, Eko Nurhayato yang berprofesi sebagai driver salah satu ojek online di Jakarta mengaku, ia dan istrinya memang sudah lama ingin melakukan donor darah, namun niatnya baru dapat terlaksana melalui acara ini.

“Sebenarnya saya sudah dari dulu ingin donor darah, tapi belum sempat kejadian. Kebetulan saya sering lewat sini dan tahu bahwa akan ada acara ini. Jadi, abis narik pelanggan tadi, saya jemput istri dulu di tempat kerjanya, Pluit, baru kesini lagi,” ujar Eko.

Nantinya, hasil donor darah ini akan didonasikan untuk para penderita Thalassemia di Indonesia. Panitia memiliki target 2.500 kantung darah dan uang tunai sebesar 50 juta Rupiah.

Thalassemia sendiri merupakan penyakit keturunan genetik yang menyebabkan terdapat kelainan sel darah merah. Penderita Thalassemia akan selalu kekurangan darah yang ditandai rendahnya kadar hemoglobin. Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk penyakit ini. Penderita Thalassemia yang masuk dalam kategori parah harus melakukan pencucian darah sepanjang hidupnya.

 

Penulis: Rafael Ryandika

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Harvey Darian