IIBC 2019: Menilik Tren Pembayaran Digital Masa Kini

Rangkaian Indonesia Investment Banking Competition (IIBC) 2019 dibuka dengan penampilan penari tradisional pada Selasa (02/07/2019) di Universitas Prasetya Mulya. Memasuki tahun ke-6, acara akan berjalan selama tiga hari mulai dari tanggal 2 hingga 5 Juli 2019. (ULTIMAGZ/Ergian Pinandita).
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com—Kompetisi perbankan investasi bertajuk Indonesia Investment Banking Competition (IIBC) 2019 kembali diselenggarakan untuk keenam kalinya di Universitas Prasetiya Mulya, mulai dari Selasa (02/07/2019) hingga Jumat (05/07/2019). Dengan mengusung tema “Embracing Cashless Society”, kompetisi besutan Finance and Investment Society (FIS) of Universitas Prasetiya Mulya ini akan berfokus pada kasus seputar pembayaran digital dan perdagangan elektronik yang tengah menjadi tren saat ini.

Menurut Wakil Ketua IIBC 2019 Joan Sally, tema ini dipilih karena merupakan tren yang relevan dan kerap dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dirinya sebagai seorang mahasiswi.

“Ini salah satu yang kita udah rasain sehari-hari, kayak sekarang ini kalau misalnya yang kita bisa rasain di kampus, kita ke kampus belum tentu bawa cash karena yang penting kita bawa hp, kita tinggal scan sana scan sini seperti itu,” pungkasnya. “Apalagi sekarang ini yang kita lihat besar kan OVO, Gopay, Dana, makanya akhirnya kita pikir gimana kalau kita pilih embracing cashless society”.

Dibandingkan dengan tahun lalu, peserta yang ikut serta dalam kompetisi dianggap lebih beragam, tepatnya dari segi internasional. Adapun beberapa peserta mancanegara antara lain berasal dari Belanda, Hong Kong, dan Singapura. Joan pun mengungkapkan bahwa kompetisi kali ini tidak hanya menjangkau peserta dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri untuk pertama kalinya.

IIBC sendiri mempunyai dua tahap yang harus diikuti para tim peserta, yaitu Preliminary Stage dan Final Stage. Dalam Preliminary Stage, pihak panitia mengirimkan sebuah kasus secara online kepada masing-masing tim untuk diselesaikan. Setelah mendapatkan hasil-hasilnya, mereka telah memilih delapan tim yang akan berlanjut ke Final Stage, dimana para tim akan menyelesaikan kasus lain dan mempresentasikannya pada hari terakhir sebelum akhirnya dinobatkan sebagai juara.

Selain menjalani kompetisi di area kampus, pihak panitia juga akan mengajak para peserta untuk mengunjungi Jakarta dalam rangka Jakarta City Tour pada hari keempat.

Melalui kompetisi ini, Joan berharap para peserta dapat mendapatkan pengalaman secara langsung sebagai bankir investasi dan juga bertemu serta berkumpul bersama mereka yang mempunyai minat yang sama.

“Kita berdedikasi untuk bikin experience sebagai investment banker semirip mungkin dengan kerjaan sebenarnya, jadi kita mau di sini mereka tuh benar-benar tahu jadi investment banker kayak gimana, kerjaannya apa, materi-materinya apa, dan juga mereka bisa berkumpul dengan orang-orang yang punya passion yang sama, yaitu di bagian finance atau investment banking sendiri,”

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: Ergian Pinandita