JFW 2017, Nuansa Denim Drift dalam Koleksi Patrick Owen

Patrick Owen dan lima rancangan terbarunya yang bernuansa warna Denim Drift yang dipamerkan dalam pagelaran Jakarta Fashion Week 2017, Selasa (25/10).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Perhelatan Jakarta Fashion Week 2017 masih berlangsung dari 21 sampai 28 Oktober 2016 di Senayan City, Jakarta Pusat. Patrick Owen, salah satu perancang asal Indonesia, bekerja sama dengan DULUX, turut memamerkan rancangannya yang bernuansa warna Denim Drift.

Denim drift merupakan warna yang diperkirakan menjadi Color of The Year 2017 mendatang. Warna ini dipilih berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh para ahli warna di AkzoNobel Global Aesthetic Center, pengamat tren, serta ahli di bidang desain. Denim drift merupakan pergeseran dari warna indigo ke warna biru abu-abu.

Jika palet warna 2016 bertemakan All About Celebration, palet warna 2017 nanti bertemakan Life In a New Light. President Director PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Jun de Dios, menyatakan bahwa warna biru merupakan warna kehidupan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Harapannya adalah dapat memberikan perspektif yang berbeda dalam hidup walaupun dari warna biru yang sederhana.

“Warna biru juga merupakan warna yang tenang dan tenteram, dan Denim Drift cocok menjelaskan tren warna tahun depan,” ujar Jun.

Patrick Owen sendiri mengatakan bahwa denim tidak hanya identik dengan jeans, tetapi adalah sebuah warna. Patrick melihat warna Denim Drift sebagai warna yang sederhana, tetapi tetap chic dan ceria. “Warna ini merupakan warna klasik yang juga bagian dari warna hari ini dan masa depan, sehingga mudah untuk dikombinasikan,” jelas Patrick.

Busana rancangan Patrick Owen bernuansa warna Denim Drift yang dipamerkan pada pagelaran Jakarta Fashion Week, Selasa (25/10).
Busana rancangan Patrick Owen bernuansa warna Denim Drift yang dipamerkan pada pagelaran Jakarta Fashion Week, Selasa (25/10).

Selain warna palet Denim Drift, Patrick juga mencampurkan tema mengenai dua binatang yang diambilnya dari Chinese Zodiac ke dalam desain koleksinya. Ia mencampurkan shio ibunya yang adalah monyet, dan shio-nya sendiri yang adalah ular. “So there’s an interaction between these two animals in the whole pallet of denim drift color,” ujarnya.

Total ada 29 busana Patrick Owen yang dipamerkan pada panggung JFW 2017. Diantaranya 24 bernuansa monokrom dan lima bernuansa Denim Drift. Mayoritas busana tersebut adalah ready to wear dan beberapa unisex.

Nuansa monokrom yang mendominasi koleksi Patrick Owen Spring/Summer 2017 yang dipamerkan dalam Jakarta Fashion Week 2017 di Senayan City, Jakarta Pusat.
Nuansa monokrom yang mendominasi koleksi Patrick Owen Spring/Summer 2017 yang dipamerkan dalam Jakarta Fashion Week 2017 di Senayan City, Jakarta Pusat.

Dalam koleksi Spring/Summer 2017 bertakjub FABLE ini, Patrick mengaplikasikan digital printing untuk mencetak warna palet Denim Drift pada kain yang digunakan. Ia menggunakan bahan cashmere, wool, dan polyester. Koleksi ini baru akan dijual di pasaran pada musim semi Maret 2017 mendatang.

 

Penulis: Agustina Selviana

Foto: Evelyn Leo