KPK dan KPU Gelar Kampanye Anti Golput Lewat Pemilu Run

Pemilu Run 2019. (Detikcom/Rolan)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Mengusung tema #GunakanHakPilihmu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara Pemilu Run 2019 di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (07/04/19). Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Pemilu serentak 2019 dan memberikan kampanye anti golongan putih (golput).

Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan tujuan dalam menggelar acara ini adalah salah satunya sosialisasi mengenai tanggal pemungutan suara.

“Kebetulan untuk Pemilu Run selain mensosialisasikan pemilunya tanggal pemungutan suara, kita juga bekerja sama dengan KPK pilih yang jujur. Mudah-mudahan masyarakat paham menggunakan hak pilihnya dan harus memilih siapa.”

Selain Arief, beberapa komisioner KPU juga ikut bergabung dalam acara tersebut, di antaranya Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Ilham Saputra, dan Viryan. Sementara itu, KPK diwakili oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Rute Pemilu Run tersebut adalah: Pintu 7 Parkir Timur Senayan – Jalan Jenderal Sudirman – menuju Jembatan Semanggi – putar balik – Jalan Jenderal Sudirman – ke arah Patung Pemuda Senayan – putar balik – Jalan Jenderal Sudirman – dan berakhir di Pintu 7 GBK kembali.

Dikutip dari Kompas.com, seusai acara lari KPU menyelenggarakan simulasi Pemilu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Simulasi tersebut dilaksanakan oleh Ketua KPU Arief Budiman bersama Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua Pemantau Pileg dan Pilpres 2019 Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Hairansyah. 

“Jangan lupa gunakan hak pilih Anda, silakan cek apakah sudah terdaftar namanya di dalam daftar pemilih tetap atau belum. Kalau belum silakan segera dilaporkan supaya hak pilih Anda hak konstitusional Anda yang diberikan oleh negara bisa digunakan dengan baik,” kata Arief dalam sambutan Pemilu Run 2019 di Gelora Bung Karno.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Kompas.com

Sumber: news.detik.com, nasional.tempo.co, foto.kompas.com