Lagu Anak dan Daerah Iringi Operet Aku Anak Rusun

Operet Aku Anak Rusun "Ada Gulali di Hatiku" menampilkan beberapa lagu anak, salah satunya ialah lagu "Pepaya Pisang Jambu". Dalam menyanyikan lagu ini, para pemain menggunakan kostum buah-buahan. Operet ini diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada hari Kamis (21/09/17).
Share:

“Anak Indonesia harus hapal lagu-lagu Indonesia. Kok anak-anak sekarang malah dengernya K-Pop,” ujar salah satu pencetus Operet Anak Rusun “Ada Gulali Di Hatiku” sekaligus istri mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan.

Sejumlah 23 rumah susun (rusun) di Jakarta memang memiliki banyak kegiatan positif di dalamnya. Salah satunya adalah latihan paduan suara. Komunitas paduan suara inilah yang dinamakan program “Aku Anak Rusun” yang didukung oleh Perkumpulan Artsip.

Paduan suara dan penari Aku Anak Rusun berusia 6-17 tahun yang berasal dari lima rusun di Jakarta, yakni Rusun Tipar Cakung, Rusun Pulogebang, Rusun Albo, Rusun Tambora, dan Rusun Marunda. Awalnya, mereka melakukan proses seleksi untuk akhirnya bisa tampil dalam operet ini.

“Tidak semua anak bisa tampil. Di kompetisi inilah kita tunjukkan bahwa hidup ini memang kompetisi. Kalau kamu ingin berprestasi, tampil, kamu harus berkompetisi dengan teman-teman yang lain,” ujar Ketua Penggerak PKK DKI Jakarta sekaligus istri Gubernur DKI Jakarta Happy Farida Djarot.

Beberapa lagu anak diaransemen sedemikian rupa dan dinyanyikan oleh sekitar 150 anak rusun. Sebut saja “Lihat Kebunku”, “Naik Kereta Api”, “Dakocan”, dan “Pelangi”. Semua dilantunkan dengan penuh semangat hingga penonton yang terdiri dari segala usia dan golongan pun turut menyanyikannya.

Selain itu, tembang-tembang daerah juga dinyanyikan dengan nuansa yang baru. “Rasa Sayange”, “Cingcangkeling”, “Ampar-Ampar Pisang”, dan “Gundul-Gundul Pacul”, misalnya, menjadi begitu menarik kala dibalut gerakan dan tari para pemeran. Tak ketinggalan, beberapa lagu nasional seperti “Tanah Airku” dan “Maju Tak Gentar” juga dinyanyikan dengan megah, berlatar belakang kain putih besar yang disoroti gambar burung garuda dan peta Nusantara.

Operet Aku Anak Rusun “Ada Gulali Di Hatiku” juga berkolaborasi bersama Sekolah Musik Gloriamus, Soundkestra, dan Taman Suropati Chambers, serta dimeriahkan oleh Addie MS yang memimpin penonton melantunkan lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan “Garuda Pancasila” pada awal acara. Penyanyi Idola Cilik Naura dan Fira Christiano juga turut membawakan beberapa lagu sebagai persembahan mereka atas keberhasilan operet ini.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: Elvira Lisa