Maraknya Produk Kecantikan Lokal di Jakarta X Beauty 2019

Rosé All Day, salah satu produk kecantikan lokal baru yang dikenalkan pada acara Jakarta X Beauty 2019 di Senayan City, Jakarta Pusat mulai dari 26 hingga 28 Juli 2019. Tujuan dari pengenalan produk lokal di acara ini adalah untuk mengembangkan industri kecantikan di Indonesia. (ULTIMAGZ/Caroline S)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com—Acara dan pameran kecantikan Jakarta X Beauty 2019 kembali diselenggarakan untuk ketiga kalinya di Senayan City pada 26 hingga 28 Juli 2019. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, acara besutan Female Daily ini lebih menonjolkan berbagai macam produk kosmetik dan perawatan kulit lokal.

Salah satu dukungan Female Daily terhadap produk lokal dapat dilihat melalui jumlah produk lokal yang ikut serta dalam perhelatan kali ini. Dari kurang lebih 130 produk yang tergabung dalam pameran ini, 50 persen di antaranya berasal dari Indonesia. Jumlah ini juga merupakan peningkatan dari sebelumnya, yaitu 30 persen.

“50 persen lokal 50 persen internasional (produknya), jadi ini ada penambahan dibanding tahun lalu,” ujar CEO Female Daily Hanifa Ambadar.

Selain adanya peningkatan dalam segi jumlah, Jakarta X Beauty 2019 juga mengadakan pameran khusus yang dinamakan Local Indie Market. Dalam pameran tersebut, terdapat berbagai macam produk lokal yang didirikan secara independen, terutama oleh mereka yang menekuni bidang kecantikan.

Salah satu dari produk lokal tersebut adalah Harlette Beauty, yang resmi bergabung di Jakarta X Beauty untuk pertama kalinya. Produk yang rilis di awal tahun ini juga merupakan produk yang didirikan oleh salah satu mantan anggota Female Daily sendiri, yakni Valencia Nathania.

“Harlette itu tadinya Valencianya member Female Daily, karena dia merasa kulitnya itu dulu bermasalah banget jadi dia belajar di situ gimana sih caranya supaya dia bisa memperbaiki kulitnya,” pungkas Hanifa. “Akhirnya dia banyak belajar banget di Female Daily terus sekarang bikin brand sendiri dan punya booth di Beauty Hall di atas,”

CEO Female Daily Hanifa Ambadar yang turut menggelar Jakarta X Beauty 2019 dengan tema #YourBeautyRules. Selain pameran, acara ini juga mengundang beberapa beauty influencers. (ULTIMAGZ/Caroline S)

Menurut Hanifa, adanya keikutsertaan produk-produk lokal yang meningkat didorong oleh industri lokal yang berkembang secara pesat demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi dalam bidang kecantikan dan perawatan kulit. Ia pun juga berharap bahwa kualitas produk-produk lokal dapat terus ditingkatkan serta memberikan edukasi kepada masyarakat dalam berbagai macam aspek.

“Tentunya bisa berkembang dan berinovasi untuk bisa lebih bagus lagi dan mereka (produk lokal) udah enggak bisa mengharapkan dibeli sama konsumer hanya karena mereka lokal atau hanya karena orang-orang Indonesia mesti dukung local product, tapi memang didukung karena produk itu sendiri memang bagus. Terus, juga bisa lebih mengedukasi konsumer juga, seperti melalui campaign-campaignnya yang positif, membuat produk-produk melalui prosesnya, dan packagingnya itu ramah lingkungan,”

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: Caroline Saskia