Ikuti Perkembangan Teknologi, Wartawan Diharapkan Serba Bisa

Kepala Desk Kompas MuDa Budi Suwarna saat berbagi pengalaman mengenai perkembangan jurnalisme di zaman digital, di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Jumat (24/02/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Perkembangan teknologi dan komunikasi ternyata berdampak pula pada perkembangan dunia jurnalistik dari masa ke masa, khususnya di Indonesia. Hal tersebut menjadi pokok bahasan pada Printing Tour and Sharing Season yang diadakan Kompas Corner UMN di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Jumat (24/02/17).

“Zaman dulu untuk membuat sebuah berita membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan alat-alat yang dipakai masih sangat sederhana. Tidak seperti sekarang,” tutur Kepala redaksi Kompas Muda Budi Suwarna.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, lanjutnya, alat-alat penunjang untuk meliput berita pun semakin beragam. Oleh karena itu, wartawan juga dituntut untuk serba bisa.

“Kita (wartawan) harus beradaptasi dengan perkambangan (teknologi). Oleh karena itu, kita juga harus serba bisa di lapangan. Bisa menulis, foto, membuat video, ekspedisi, main medsos (media sosial) dan juga menyamar, ” katanya.

Budi menambahkan, wartawan juga dituntut untuk tetap kritis dan selalu mengutamakan konten apa yang akan dipublikasikan kepada masyarakat.

“Apapun medianya yang paling penting adalah kontennya. Karena konten adalah nyawa dari apa yang akan kita sampaikan kepada masyarakat,” jelas wartawan sosial budaya ini.

Printing Tour and Sharing Season kali ini bertajuk “Fun Journalism in the Era of New Media”. Selain berbagi pengalaman dari Budi Suwarna, peserta yang hadir juga berkesempatan berkeliling dan melihat proses pembuatan surat kabar Harian Kompas mulai dari tahap penulisan hingga proses percetakan.

Penulis : Natalia Setiawan

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : Aldo Sitanggang