POPCON Asia 2018 Akan Sajikan Konten Anyar Berfokus Musik

Inilah para pembicara dalam Press Conference Popcon di Electronic City, Sudirman, Jakarta Selatan pada Kamis (12/07/18). Dari kiri ke kanan, (CEO POPCON Inc. Yenny Wangsawidjaja, komikus Si Juki Faza Meonk, musisi Pepeng 'NAIF', cosplayer Ari Santosa, dan Co-Founder POPCON Asia Sunny Gho). (ULTIMAGZ/Ergian Pinandita)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Acara bagi konten industri kreatif berbasis budaya pop, POPCON Asia akan kembali diselenggarakan pada 22 dan 23 September mendatang di ICE BSD, Tangerang. Mengangkat tema “Clash of Pop“, acara yang rutin digelar selama tujuh tahun belakangan ini akan menyajikan konten baru yang berfokus pada musik.

Meski sempat menampilkan beberapa aksi musik pada perhelatan sebelumnya, POPCON Asia 2018 akan mulai membuat sesi tersendiri selama tiga jam khusus untuk bidang tersebut. Sebagai salah satu rangkaian acaranya, konser musik telah direncanakan untuk menghibur para pengunjung dengan mengundang dua band lokal, yakni Goodnight Electric dan White Shoes and the Couples Company.

Adapun, konsep panggung yang akan ditampilkan cukup unik dan berbeda dari konsep panggung pada umumnya. Penyebabnya adalah akan disertakannya salah satu unsur budaya pop, yaitu komik buatan Indonesia ke dalam lagu yang diciptakan untuk acara ini.

“Konsepnya adalah mereka (Goodnight Electric dan White Shoes and the Couples Company) akan mempresentasikan komik Indonesia di lagu mereka,” ujar penanggungjawab konten musik Franki Indrasmoro Sumbodo atau yang akrab disapa Pepeng NAIF, dalam konferensi pers POPCON Asia 2018 yang diadakan di Electronic City SCBD pada Kamis (12/07/18).

Selain memfokuskan acara pada salah satu bidang hiburan tersebut, kehadiran musik sebagai konten yang baru adalah untuk memperluas makna dari tema yang diusung kali ini, di mana Clash of Pop sendiri dapat diartikan sebagai benturan dari berbagai macam budaya pop yang memotivasi para kreator, artis, maupun penggemar untuk ‘bertarung’ secara kreatif dan positif.

“Kita pengen kasih tahu juga bahwa si ‘clash’ ini sebagai kompetisi karena kayanya kalau enggak ada kompetisi enggak bisa maju industri kita,” jelas selaku Co-Founder Popcon Asia Sunny Gho. “Jadi kita pengen membangun iklim kompetisi sekaligus memperkenalkan segmen beru kita yaitu musik.”

Konten lain yang akan kembali hadir tahun ini adalah animasi, komik, permainan, cosplay, serta film. Di sisi lain, POPCON Asia 2018 juga akan menghadirkan beberapa bintang tamu lokal maupun internasional seperti artis konsep dan illustrator asal Malaysia Kael Ngu, artis komik asal Filipina Mico Suayan, animator dan founder Bengkel Animasi Ronny Gani, serta ilustrator asal Bali Monez Gusmang.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Gilang Fajar Septian

Fotografer: Ergian Pinandita