POPCON Asia 2018 Tonjolkan Film Sebagai Salah Satu Konten Utama

Tiga dari tujuh film Indonesia seperti 'Generasi Micin vs Kevin', 'Dreadout', dan 'Pengabdi Setan' turut hadir dalam Popcon Asia yang diadakan pada (22/09/18) di ICE BSD, Tangerang. (ULTIMAGZ/Daniela Dinda)
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com—Acara tahunan berbasis budaya pop POPCON Asia 2018 kembali mengadakan perhelatan keenamnya pada Sabtu (22/09/18) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Dalam ajang kali ini, konten film telah menjadi salah satu sorotan utama dengan kehadiran dari berbagai pihak film lokal.

Adapun beberapa rangkaian acara yang berkaitan dengan film antara lain perilisan trailer perdana film yang diadaptasi dari video game besutan tanah air bertajuk Dreadout, diskusi panel dengan para pemain dari Dear Nathan: Hello Salma, Foxtrot Six, dan Generasi Micin vs. Kevin, dan konferensi pers film yang diangkat dari serial komik Webtoon Terlalu Tampan, yang juga berkolaborasi dengan Visinema.

Di sisi lain, kehadiran dua atraksi yang diangkat dari dua film horor lokal, yakni Pengabdi Setan dan Dreadout, juga turut menghibur para pengunjung melalui konsep yang menegangkan. Bekerjasama dengan permainan petualangan berbasis escape room Pandora Experience, Pengabdi Setan mengajak pengunjung untuk merasakan langsung suasana layaknya di film, dimana mereka harus menyelesaikan beberapa teka-teki sambil menenangkan karakter Ibu agar tetapi tidur.

“Kayak lebih ke experience-nya gitu sih jadi lu masuk terus ngerasain gimana rasanya lu di dalem filmnya itu sendiri,” jelas Jaya Wardhana, salah satu pengunjung POPCON Asia 2018. “Gue sendiri jujur belum pernah nonton filmnya sih tapi suasananya di dalam agak mencekam.”

Sedangkan untuk Dreadout, konsep yang disajikan berupa photo booth. Pengunjung dapat bertemu secara langsung karakter-karakter yang muncul di dalam video game yang rilis pada 2014 tersebut, yaitu Linda, perempuan kebaya merah, dan hantu pocong. Lengkap dengan latar tempat yang didesain serupa dengan suasana di video game, pengunjung dapat mengambil gambar bersama para karakter Dreadout.

Sebagai penutup kegiatan di hari pertama, POPCON Asia mengadakan malam penghargaan bertajuk Popcon Awards yang diberikan kepada kategori film, permainan, dan komik. Khusus untuk film, adanya kategori baru yaitu Feature Film atau film panjang menandakan bahwa konten film mendapat apresiasi lebih banyak dari tahun sebelumnya. Selain film panjang, Popcon Awards juga memberikan apresiasi terhadap film pendek dan web series.

Adapun pemenang dari kategori film panjang dan film pendek adalah sebagai berikut:

Kategori Film Panjang Indonesia

  1. Most MemeablePengabdi Setan (Rapi Films, CJ Entertainment)
  2. Idola Kawula – Dilan di Dilan 1990 (Maxima Pictures, Falcon Pictures)
  3. Horor TerbaikPengabdi Setan (Rapi Films, CJ Entertainment)
  4. Duet terbaik (Chemistry on Screen) – Ubaidillah dan Slamet Ambari di Turah (Fourcolours Film)
  5. Product Placement TerbaikGalih dan Ratna (360 Degrees Synergy, Nant Entertainment, Josh Pictures)

Kategori Film Pendek dan Web-Series

  1. Memorable Character – Setan dalam Makmum (HR Production)
  2. Outstanding Web SeriesMengakhiri Cinta Dalam 3 Episode (Toyota Indonesia, Cerita Films)
  3. Rising Filmmaker – Rein Maychaelson

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Daniela Dinda