Ramadhan Jazz Festival 2021 Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Rieka Roslan dan Ziva Magnolya turut tampil dalam acara Ramadhan Jazz Festival 10th Anniversary hari ke-2 di Ancol pada Sabtu (01/04/2020) via zoom. (ULTIMAGZ/ Androw Parama M)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz baru saja menyelenggarakan Ramadhan Jazz Festival 2021 pada Jumat (30/04/21) dan Sabtu (01/05/21). Tahun ini, Ramadhan Jazz Festival digelar untuk yang ke-10 kalinya sekaligus merayakan satu dekade penyelenggaraan acara yang rutin digelar pada bulan Ramadan ini. 

Dengan mengusung tema Blessing Through Caring, Ramadhan Jazz Festival 2021 ingin mengajak masyarakat khusus nya pemuda untuk bisa meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Sejalan dengan hal tersebut, acara ini juga mengangkat tagline #ADecadeOfLove dengan tujuan ingin membagikan rasa cinta yang dimulai dari kepedulian, terutama kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Kita ingin menggiatkan orang-orang untuk saling peduli dan mencari keberkahan bersama. Dari kepedulian tersebut, kita ingin memulai dan menjalani dekade ini dengan penuh cinta. Salah satu bentuk cintanya itu adalah cinta terhadap lingkungan,” ujar Ketua Ramadhan Jazz Festival 2021 Muhammad Kemal Daffa.

Sebagai bentuk aktualisasi tema tersebut, Ramadhan Jazz Festival tahun ini bekerja sama dengan platform kitabisa.com mengadakan social activity dengan tema Bantu Upaya Muara Gembong Melawan Bencana Abrasi. Lewat kegiatan ini, para penonton dapat menyalurkan kepeduliannya dengan cara berdonasi untuk membangun desa tertinggal di daerah Muara Gembong, Jawa Barat. Selain itu, hasil donasi juga akan digunakan untuk mendukung penanaman 10.000 bibit bakau guna mencegah abrasi di daerah tersebut dan membantu pengadaan beberapa unit alat tangkap yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Sebagai puncak acara, konser musik Ramadhan Jazz Festival 2021 dilaksanakan pada Jumat (30/04/21) dan Sabtu (01/05/21) bertempat di Sea World, Ancol dan hanya dihadiri oleh pengisi acara dan pihak penyelenggara dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat. Acara ini disiarkan melalui kanal YouTube Ramadhan Jazz Festival sehingga para penonton dapat menyaksikannya dengan aman di tengah kondisi pandemi COVID-19. Pada hari pertama, Ramadhan Jazz Festival 2021 menghadirkan Nadila Wantari, Fadly “Padi Reborn” X Ade Govinda, Sandhy Sandoro, dan Ecoutez sebagai bintang tamu. Sementara itu, acara pada hari kedua dimeriahkan oleh Uap Widya, Rieka Roslan, Soulvibe, dan Ziva Magnolya. 

Ramadhan Jazz Festival sendiri merupakan acara yang rutin diselenggarakan oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia dan WartaJazz setiap tahun, tepatnya pada bulan Ramadan. Sejak 2010, acara yang biasanya digelar di pelataran Masjid Cut Meutia ini hadir sebagai salah satu bentuk dakwah syiar Islam masa kini sekaligus menjadi momen untuk meningkatkan tali silaturahmi dan berbagi kebaikan di tengah bulan suci Ramadan.

 

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Androw Parama