TRUST Kembali Banggakan Indonesia di World Orchestra Festival 2021

Orchestra
Penampilan Orkestra TRUST di ajang World Orchestra Festival 2019 di Wina, Austria pada (03/08/19). (Foto: Femina.co.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—World Orchestra Festival 2021 lewat kanal YouTube resminya mengumumkan pemenang ajang musik sedunia tersebut pada Minggu (27/06/21). Salah satu pemenang yang mendapatkan medali perak dengan skor 90.00 adalah  orkestra asal Indonesia yakni Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST).

World Orchestra Festival sendiri merupakan ajang pertemuan orkestra di seluruh dunia untuk tampil dan belajar dari musisi serta akademisi profesional setiap tahunnya. Namun, tahun ini World Orchestra Festival digelar secara daring akibat pandemi COVID-19. Selain kompetisi, World Orchestra Festval 2021 juga mengadakan konser dan lokakarya selama bulan Juni.

 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by TRUST Orchestra (@trustorchestra)

Di dalam kompetisi daring tersebut, TRUST tampil secara virtual dengan lagu-lagu asal Indonesia. Salah satu lagu yang dibawakan adalah NUSWA. Diaransemen oleh Danezh, NUSWA merupakan rangkaian beberapa lagu daerah Indonesia seperti Badindin dari Sumatera Barat, Sungai Kapuas dari Borneo Barat, dan Gemu Fa Mi Re dari Nusa Tenggara Timur.

“Kami TRUST orchestra ingin sekali memperkenalkan budaya Indonesia ke panggung internasional. Lagu-lagu folk song Indonesia merupakan warisan budaya luar biasa yang harus kita teruskan ke generasi muda dan mendapat tempat di hati masyarakat,” jawab Dr. Natahnia Karina selaku direktur dan conductor TRUST pada Selasa (29/06/21) melalui surel kepada ULTIMAGZ. Ia berharap masyarakat internasional dapat lebih mengenal daerah Indonesia lainnya selain Jawa dan Bali lewat NUSWA.

Selain lagu daerah, TRUST juga membawakan lagu modern Lathi karya orisinal Weird Genius yang menampilkan Sara Fajira. Lagu hit tersebut dikemas megah dengan harmoni instrumen-instrumen musik orkestra. Lewat Lathi, TRUST ingin mematahkan pendapat musik orkestra yang sering dianggap membosankan. Terlebih, Dr.Nathania Karina menganggap Lathi memiliki unsur Indonesia yang cukup kental.

Terus Berkembang Meski Pandemi

Sebelumnya, TRUST pernah mendapatkan medali emas saat World Orchestra Festival 2019 di Vienna, Austria. Turun peringkat pada tahun ini, TRUST melihat peringkat perak yang diraihnya sebagai ruang untuk berkembang dan tetap berpuas. Sebab sebagai komunitas orkestra yang notabene masih amatir, TRUST dapat bersanding dengan jumlah peserta yang empat kali lipat lebih banyak dari tahun 2019 yakni 140 orkestra dari 33 negara.

“Ditambah pula karena kemudahan teknologi (virtual edition) ini juga memberikan kesempatan bagi orkestra-orkestra profesional seperti Thai Philharmonic, Queensland Orchestra, Czech National orkestra dan banyak lagi orkestra-orkestra professional di Eropa untuk ikut berlaga,” jelas Dr. Nathania Karina menanggapi World Orchestra Festival 2021.

Tentunya penghargaan medali perak yang diraih TRUST tidak lepas dari kerja keras dan determinasi yang sangat kuat sebagaimana tantangan yang dihadapi juga semakin sulit. Pasalnya, pandemi menyebabkan orkestra tidak dapat mengadakan latihan seperti biasanya. Para pemain TRUST pun harus latihan secara daring dari rumah masing-masing selama hampir satu setengah tahun tanpa bisa merasakan euphoria bermain musik orkestra bersama-sama.

“Memotivasi para pemain untuk tetap memberikan yang terbaik meskipun ini virtual, berusaha jujur terhadap bunyi yang kami hasilkan (tidak menggunakan bantuan editing audio) dan ketekunan terhadap proses bukan hanya hasil menjadi cambuk yang luar biasa untuk seluruh pemain,” tulis Dr. Nathania Karina.

TRUST merupakan organisasi nirlaba yang dinaungi oleh salah satu label rekaman terkemuka di Indonesia yaitu Trinity Optima Production. Sebagai sebuah orkestra, TRUST menampilkan variasi repertoar musik yang lebih beragam seperti musik daerah jazz, pop, dan bahkan rock ketimbang musik klasik. Berdomisili di Jakarta Utara, TRUST  sekarang memiliki lebih dari 150 musisi muda Jakarta dari umur 10 sampai 35 tahun. Sejak 2013 TRUST sudah banyak tampil di berbagai tempat dan acara skala nasional ataupun internasional.

Ultimates dapat menyaksikan penampilan NUSWA dan Lathi oleh TRUST di bawah ini.

 

Penulis: Vellanda

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Femina.co.id