Wikimedia dan Goethe-Institut Jakarta Luncurkan Buku Panduan Menyunting Wikipedia

Peserta sedang dipandu mengedit halaman Wikipedia dalam workshop di Goethe-Institut, Menteng, Kamis (31/3).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Komunitas Wikimedia Indonesia meluncurkan buku panduan manual menyunting Wikipedia Bahasa Indonesia di Goethe-Institut Jakarta, Menteng, Kamis (31/3). Peluncuran buku berjudul “Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikpedia Bahasa Indonesia” ini sekaligus tanda dimulainya kerja sama antara Wikimedia Indonesia dan Goethe-Institut Indonesien.

Selain peluncuran buku, ada pula workshop yang diikuti oleh hampir 30 perwakilan undangan dari berbagai institusi dan media. Dalam workshop ini, peserta masing-masing diberikan buku panduan tersebut dan diminta untuk membuat artikel baru di laman Wikipedia Indonesia. Sepuluh orang dengan tulisan terbaik menurut juri akan mendapatkan pulsa sebesar Rp 100.000.

Beberapa peserta masih tampak kebingungan. Oleh karena itu, anggota komunitas Wikimedia juga berkeliling sambil menjelaskan tata cara penulisan artikel. Beberapa ketentuan yang harus dipenuhi di antaranya penyertaan referensi dan penulisan minimal tiga paragraf dalam satu artikel.

Penulis buku panduan Siska Doviana dalam siaran pers mengungkapkan bahwa perpustakaan sangat penting untuk Wikipedia, karena buku memiliki informasi dan referensi yang penting bagi penulis dalam menciptakan konten yang berkualitas tinggi. Oleh sebab itulah, workshop penyuntingan Wikipedia tersebut dilakukan di perpustakaan Goethe-Institut sebagai lambang pentingnya peran perpustakaan.

Pembuatan buku panduan ini didanai oleh hibah Making All Voices Count (MAVC) sebagai bagian dari upaya transparansi informasi di Kalimantan. Penggunaan massal inovasi penyuntingan Wikipedia Indonesia ini mereka anggap dapat memungkinkan warga negara untuk lebih terlibat dalam meresponi kebijakan.

 

Penulis: Kezia Maharani Sutikno

Editor: Alif Gusti Mahardika

Fotografer: Angelina Rosalin