Adaptasi Film Korea “Sunny”, “Bebas” Angkat Cerita Persahabatan Remaja 90-an

Beberapa pemeran utama dalam film "Bebas", (atas, kiri-kanan) Agatha Pricilla, Maizura, Zulfa Maharani, (bawah, kiri-kanan) Sheryl Sheinafia, Baskara Mahendra, dan Lutesha. (Foto: beritagar.id)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Duo Sutradara Riri Riza dan Produser Mira Lesmana kembali hadir dengan film garapan terbarunya yang bertajuk Bebas. Film bernuansa persahabatan tersebut diadaptasi dari film Korea Sunny

Bebas akan mengangkat cerita persahabatan enam remaja Indonesia, yang terdiri atas lima perempuan dan satu laki-laki. Mereka menghabiskan masa SMA-nya pada 1990-an. Kemudian, mereka dipertemukan kembali ketika sudah beranjak dewasa. 

“Saya merasa cerita ini akan jadi spesial bagi penonton Indonesia,” ujar Produser Film Bebas Mira Lesmana, dikutip dari beritagar.id.

Mira juga mengatakan, ketika ia menonton film Sunny, ia dapat membayangkan akan seperti apa film tersebut jika dikemas dengan muatan lokal. Namun, ia ingin lebih memasukkan konsep kebebasan dalam film terbarunya ini.

“Bebas adalah sebuah filosofi penting, membuat seseorang selalu bisa melihat dengan harapan dan opitimisme ke masa depan. Kami menganggap pemaknaan itu sama dengan film asilnya,” kata Sutradara Film Bebas Riri Riza, dikutip dari republika.co.id.

Film Sunny sendiri rilis pada 2011 dan berhasil menempuh penjualan tiket sebesar 7,48 juta di Korea Selatan, dilansir dari medcom.id. Film garapan Kang Hyeong-cheol tersebut menceritakan persahabatan tujuh perempuan yang merupakan siswa dari sekolah khusus perempuan. Film tersebut dikemas dengan dua latar waktu yang berbeda, yaitu saat masa SMA dan dewasa dengan rentang waktu 25 tahun.

Melansir dari medcom.id, Riri mengatakan bahwa alur cerita di Sunny hanya menjadi ‘tulang punggung’ untuk cerita Bebas. Menurutnya, penulis film ingin menceritakan hal yang lebih dekat dengan kehidupan tahun 1990-an di Indonesia.

“Banyak hal yang menarik dari era 1990-an, misalnya tentang persahabatan dan keluarga yang sangat lokal dan itu penting bagi skenario,” ujar Riri.

Dalam video perkenalan pemain, terdengar lagu Bebas oleh penyanyi rap Iwa K. Akan hadir juga sekitar 10 lagu Indonesia yang terkenal tahun 1990-an dalam film tersebut. 

Aktris dan aktor yang terlibat diumumkan melalui konferensi pers pada Selasa (12/03/19). Aktor dan aktris muda yang akan digaet antara lain Maizura, Sheryl Sheinafia, Agatha Pricilla, Zulfa Maharani, Luthesha, Syifa Hadju, Amanda Rawles, Brandom Salim, Kevin Ardilova, Giorgino Abraham, dan Jefri Nichol.

Akan terlibat pula aktor dan aktris senior, seperti Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indy Barens, Widi Mulia, Baim Wong, Sarah Sechan, dan Tika Panggabean. Namun, belum ada informasi mengenai nama-nama karakter yang akan hadir di film Bebas.

Selain Miles Films, Bebas juga akan diproduksi oleh CJ Entertaiment. Produksi film Bebas akan dimulai dalam waktu dekat dan diharapkan dapat rilis pada akhir tahun 2019.

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: beritagar.id

Sumber: medcom.id, beritagar.id, republika.co.id