Love Playlist: Web Drama Seputar Percintaan di Dunia Perkuliahan

Love Playlist, kisah cinta antar mahasiswa di dunia perkuliahan. (Foto: Kpopmap.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Di tengah maraknya drama Korea yang banyak diminati masyarakat, web drama kian bermunculan di berbagai kanal Youtube. Salah satunya adalah Love Playlist, yang menceritakan seputar kisah cinta di dunia perkuliahan.

Drama Korea sendiri seperti Goblin, Descendants of the Sun, Hotel del Luna, dan lainnya mendapat minat yang tergolong tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Menurut Varun, dikutip dari CNNIndonesia.com, sebesar 80% penonton memilih menonton drama asing melalui aplikasi streaming VIU, termasuk drama asal Korea Selatan.

Sayangnya, meskipun merupakan platform streaming terbesar, YouTube tidak banyak menyediakan beberapa drama tersebut, sehingga penonton disarankan untuk merujuk pada platform atau aplikasi lainnya. Meski demikian, Youtube juga menyajikan sebuah jenis drama yang dapat dinikmati oleh pencinta drama Korea, yaitu web drama.

Pada umumnya, web drama juga merupakan drama biasa, tetapi dengan durasi yang lebih singkat. Satu episode mempunyai durasi kurang lebih 12 hingga 15 menit dan dapat ditonton melalui Youtube atau V Live, salah satu platform streaming yang lebih banyak menyuguhkan konten dari Korea. Genrenya pun berbagai macam dan tidak kalah menarik dari drama Korea lainnya.

Salah satu web drama paling terkenal adalah A-Teen, yang mengisahkan perjalanan delapan siswa-siswi di bangku SMA. Namun, jika Ultimates ingin menyaksikan cerita yang lebih dewasa, maka Love Playlist adalah web drama yang tepat bagi kalian.

Saat ini, Love Playlist telah sampai pada musim keempat. Alur ceritanya pun bertahap, mulai dari musim pertama yang memperkenalkan empat tokoh utama, yaitu Lee Hyun Seung (Kim Hyung Suk), Han Jae In (Lee Yoo Jin), Kim Min Woo (Choi Hee Seung), dan Kwak Joon Mo (Im Hwi Jin) yang tengah menjalani tahun kedua mereka di perkuliahan, serta Jung Ji Won (Jung Shin hye) yang masih berada di tahun pertama kuliah. Web drama yang rilis pada 2017 ini memberikan gambaran tentang tahun pertama masa perkuliahan di Korea Selatan dengan bumbu-bumbu romansa antara Ji Won, Hyun Seung, dan Jae In.

Pada musim kedua, mereka berada di tahun yang sama dan cerita lebih berfokus pada lika-liku kehidupan percintaan kelima tokoh tersebut, terutama Jae In dan Joon Mo dengan masing-masing dua tokoh baru, yaitu Kang Yoon (Park Jung Woo) dan Kim Do Young (Min Hyo Won).

Berlanjut ke musim ketiga, Do Young dan Ji Won bukan lagi mahasiswa baru. Mereka mendapat adik kelas bernama Jung Poo Reum (Park Shi Ahn) dan Park Ha Neul (Bae Hyun sung). Cinta segitiga antara Ji Won, Hyun Seung dan Choi Seung Hyuk (Kim Woo Suk) juga menjadi sorotan dalam musim ini.

Web drama ini ditamati oleh musim keempat. Jae In dan Hyun Seung sudah berada di tahun terakhir mereka dan kehidupan tingkat senior rupanya tidak beda jauh dengan Indonesia. Hal ini ditunjukkan melalui sibuknya kegiatan mereka dalam mengerjakan tugas akhir (TA). Di sisi lain, Joon Mo dan Min Woo diceritakan tengah pergi melaksanakan kewajiban di Negara Ginseng tersebut, yakni wajib militer (wamil) yang kemudian disusul oleh Hyun Seung. Selain itu, kedatangan tokoh baru bernama Seo Ji Min (Kim Sae Ron) juga dianggap sebagai penambah hubungan asmara Ha Neul.

Setiap musimnya, poster resmi Love Playlist mempunyai slogan yang berbeda. Pada musim pertama, slogan bertajuk “Start Your New Semester With This Fresh College Web Series!”, lalu diikuti oleh “Fresh College Romantic Melodrama” di musim kedua dan “College Romance Drama” di musim ketiga.

Kisah cinta yang disajikan dalam web drama ini tidak hanya bersifat romantis dan cheesy, tetapi juga memperlihatkan berbagai macam rintangan yang harus dilewati, antara lain seperti menyatakan cinta, cinta yang tak terbalas, hingga putusnya sepasang kekasih dalam sebuah hubungan.

Meski cukup relevan dalam segi romansa dan sosialnya, web drama ini juga menyuguhkan bagian cerita yang berbeda dengan lingkungan sosial di Indonesia. Salah satu yang paling kentara adalah kegiatan wamil. Di Indonesia sendiri, tidak ada hukum bagi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ini, sehingga perasaan sedih ketika ditinggal wamil cenderung tidak dapat dirasakan.

Ultimates, web drama ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi bagi kalian yang ingin melihat dan membayangkan kisah cinta yang terjadi di perkuliahan. Melalui drama ini, Ultimates juga dapat melihat berbagai macam permasalahan yang biasanya terjadi dalam sebuah hubungan romansa.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: kpopmap.com

Sumber: cnnindonesia.com