5 Aplikasi Video Conference untuk Meeting Online

video conference (ultimagz)
Ilustrasi salah satu telekonferensi yang dapat digunakan sebagai pertemuan daring. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Sejak dikeluarkannya kebijakan social distancing atau pembatasan sosial, banyak perusahaan maupun instansi pendidikan yang menerapkan work from home (WFH) dan study from home (SFH). Untuk menyesuaikan aktivitas hariannya, mereka dibantu aplikasi telekonferensi atau video conference sehingga tetap terhubung satu dengan yang lainnya.

Beberapa aplikasi video conference yang dapat digunakan untuk pertemuan daring (meeting online) yakni:

1. Zoom
Ini merupakan aplikasi yang paling umum dan populer digunakan saat ini. Beberapa sumber menuliskan bahwa aplikasi ini dapat menghasilkan visual berdefinisi tinggi kendati kita hanya memiliki koneksi internet dengan bandwith rendah. Aplikasi ini memiliki fitur yang membantu untuk seminar atau kuliah jarak jauh yang memerlukan presentasi, video, buku, teks, dalam penyampaian materi. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki daya tampung hingga 100 peserta untu versi gratisnya.

2. Skype
Aplikasi ini juga banyak digunakan oleh pengguna untuk telekonferensi. Ada banyak fitur menarik dari Skype seperti layanan panggilan suara dan pesan singkat, serta mendukung video call lintas platform. Aplikasi ini memiliki kapasitas 25 peserta rapat.

3. Google Hangouts
Aplikasi rintisan Google ini mampu melakukan panggilan video dengan daya tampung 250 peserta. Aplikasi ini dibekali dengan beberapa fitur Google, seperti dapat menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speech dan jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

4. GoToMeetings
Aplikasi video conference ini dirancang khusus untuk organisasi bisnis, sehingga tidak memiliki versi gratis. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang serupa dengan aplikasi panggilan video pada umumnya, seperti percakapan audio, pesan singkat, dan screen sharing. Aplikasi ini memiliki kapasitas 250 peserta. Selain itu, GoToMeetings juga mampu merekam pertemuan, membagikan berkas multimedia atau dokumen, papan tulis digital, dan transkrip otomatis. Aplikasi ini memiliki fitur Lock Meetings yang memungkinkan admin dapat mengunci pertemuan yang sedang berlangsung sehingga tidak dapat diakses oleh peserta tertentu dan tidak dapat ditutup sebelum jadwal yang ditetapkan.

5. Cisco Webex
Aplikasi telekonferensi ini dapat menampung 100 partisipan dan akan dikenakan biaya berlangganan premium. Pengguna dapat melakukan screen sharing atau berbagi layar kepada peserta lain. Aplikasi ini awalnya dikenal sebagai aplikasi bisnis, tetapi akhir-akhir ini banyak digunakan oleh pekerja profesional yang bekerja dari rumah.

Selain kelima aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk telekonferensi. Namun, setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Maka, pengguna dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhannya.

 

Penulis: Sr. Angela Siallagan

Editor: Abel Pramudya Nugrahadi

Foto: Kevin Oei Jaya

Sumber: indozone.id, tek.id, dan katadata.co.id