Apple Akan Bangun Pusat Riset di Tangerang

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Perusahaan elektronik Apple akan segera membangun tiga pusat riset di Indonesia untuk memenuhi syarat pemasaran produk iPhone yang telah diwajibkan oleh pemerintah. Lokasi pusat riset yang pertama akan berlokasi di Green Office Park, BSD City, Tangerang, Banten.

Setelah melakukan pertemuan dengan perwakilan Apple di ruang Menteri Perindustrian (Menperin), Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis (30/03/17), Tenaga Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar menyatakan bahwa pusat inovasi Apple di Green Office Park ditargetkan akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun ini. Akan dilakukan perekrutan terhadap 300 hingga 400 tenaga kerja lokal untuk membantu berjalannya pusat riset tersebut.

“Tujuan Apple ingin mendidik masyarakat lokal. Nanti ada mentor dari sana juga untuk melatih pengembangan software dan aplikasi di pusat inovasi,” tutur Sanny dilansir dari kompas.com.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Ahcmad Rodjih Almanshoer mengungkapkan tentang rencana kerja Apple terkait dengan pendirian pusat inovasi di Indonesia. Nantinya, Apple akan membuka kelas pelatihan agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu membuat software dan berinovasi sesuai dengan kualifikasi Apple.

“Nanti output-nya SDM yang bisa membuat aplikasi, software, tapi nanti tidak melulu di smartphone, tapi dengan kreativitasnya dia bisa membuat software untuk engineering, atau software aplikasi lainnya,” jelas Achmad dikutip dari Detik.com.

Berdasarkan Peraturan Menperin Nomor 65 Tahun 2016 tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Apple diharuskan untuk mendirikan pusat inovasi di Indonesia sebelum memasarkan produk iPhone secara resmi di Indonesia. Perusahaan tersebut diberi waktu tiga tahun untuk melakukan investasi sebesar 48 juta dollar AS di Indonesia.

Apple juga berencana untuk membangun dua pusat inovasi lain setelah mendirikan pusat riset di Green Office Park. Pusat inovasi yang kedua tetap berada di pulau Jawa, namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengusulkan agar pembangunan yang ketiga didirikan di wilayah Sumatera Utara.

“Diusulkan Menteri Rudiantara di Toba. Tapi kan yang menentukan Apple. Yang pasti lokasinya baru di Green Office Park,” ujar Sanny pada kompas.com.

Penulis: Hilel Hodawya

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: pexels.com

Sumber: kompas.com, liputan6.com, detik.com