Facebook Akan Rilis Layanan Messenger Room

Facebook Messenger Room (ultimagz)
Ilustrasi layanan video call messenger room pada aplikasi Facebook (ULTIMAGZ/ Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Facebook akan meluncurkan layanan ruangan konferensi panggilan video terbaru bernama Messenger Room. Tanpa perlu mengunduh apa pun, layanan ini dapat diakses melalui situs maupun aplikasi Facebook dan Messenger, serta mampu menampung maksimal 50 peserta dengan durasi tidak terbatas. 

“Messenger Room akan diluncurkan minggu ini di beberapa negara tertentu, sebelum berkembang secara global beberapa minggu mendatang,” ungkap pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dikutip dari cnet.com.

Ia juga menambahkan, bahwa jumlah panggilan pada masa pandemi virus korona ini meningkat dua kali lipat, yakni lebih dari 700 juta akun. Pengguna melakukan aktivitas panggilan suara dan video setiap hari di Facebook Messenger dan WhatsApp milik Facebook. Maka dari itu, memungkinkan bagi para pemilik akun Facebook untuk nantinya menggunakan Messenger Room sebagai ruang konferensi panggilan video.

Segalanya semudah menemukan undangan Messenger Room dan klik untuk mulai bergabung. Layar akan menampilkan 15 peserta pada desktop dan delapan orang pada seluler dalam satu konferensi. Pengguna juga bisa menggunakan filter augmented reality (AR) dan  mengganti gambar latar belakang video. Uniknya, Messenger Room memiliki pilihan latar belakang 360 derajat sehingga menimbulkan efek tiga demensi.

Fasilitas lain yang disediakan pada layanan ini adalah pengguna dapat mengoperasikan sendiri aplikasi tersebut, misalnya mengunci ruang pertemuan, menghapus atau memblokir peserta, juga meninggalkan ruangan saat konferensi. Menariknya lagi, Messenger Room pun dapat digunakan orang yang tidak memiliki akun Facebook dengan mengklik tautan yang akan mengarah ke ruang pertemuan.

Kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengguna Messenger Room, yakni membuat pertemuan daring dalam komunitas hobi, konferensi panggilan video dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan lain-lain. Kegiatan tersebut dapat Ultimates lakukan kapan saja tanpa ada batasan waktu.

Penulis: Sr. Angela Siallagan
Editor: Maria Helen Oktavia
Foto: Frizki Alfian
Sumber: kompas.com, cnet.com, makemac.grid