Fujifilm Gabungkan Keunggulan Instan dan Digital dalam Instax Square SQ10

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sukses menjual 25 juta unit Instax di seluruh dunia, Fujifilm kembali menunjukkan inovasinya dengan merilis Instax Square SQ10 pada pertangahan April 2017 lalu. Kamera ini unik dengan fungsinya yang menggabungkan prinsip kamera cetak instan dan digital yang berarti mampu mencetak foto secara instan dan menyimpan foto dalam format digital.

Hal menarik lainnya dari Instax Square SQ10 ini ialah format fotonya yang mengembangkan format foto hasil jepretan menggunakan Polaroid, yakni 1:1. Format ini yang juga kemudian digunakan Instagram sebagai format foto utamanya.

Instax Square SQ10 memiliki sensor CMOS dengan ketajaman 3,7 megapiksel. Berbeda dengan Instax seri lainnya, Instax Square SQ10 memiliki LCD berukuran 3 inch di bagian belakang kameranya yang memungkinkan penggunanya mengatur hasil foto secara digital. Instax SQ10 juga dibekali dengan tombol double shutter di bagian depan kanan dan kiri.

Lensa yang digunakan dalam Instax Square SQ10 ini adalah lensa autofokus 28.5mm (setara 35 milimeter pada lensa full frame) dengan bukaan diafragma f/2.4. Hasil jepretan menggunakan kamera ini bisa disimpan dalam memori internal maupun microSD.

Yang juga menjadi andalan dari kamera Instax Square SQ10 ini ialah adanya 10 filter yang dapat dipakai untuk mempercantik hasil foto sebelum dicetak. Selain itu, ada pula beberapa fitur lainnya seperti auto exposure, facial recognition, dual shutter system, pengendali vignet, pengendali kecerahan, live-view, dan alat edit foto.

Berukuran lebih besar dari hasil foto Instax biasanya yang adalah 46mm x 62mm, film Instax Square SQ10 berukuran 86mm x 72mm dengan hasil asli foto berukuran 62mm x 62mm.

Seperti dilansir dari TheVerge, Fujifilm mengatakan Instax Square SQ10 lebih baik dalam pengambilan foto di tempat yang kurang cahaya dibanding jenis Instax lainnya. Lensa autofokus dan kemampuannya dalam mengabil foto close-up juga akan membantu penggunanya. Kamera ini juga dikatakan akan menjadi kamera Instax terbaik.

Instax Square SQ10 dikabarkan akan mulai dijual pada Mei 2017. Kamera ini dapat dibawa pulang dengan harga US$279.95 atau sekitar Rp 3,7 juta. Sedangkan film Instax Square SQ10 dijual dengan harga US$16.99 per kemasan berisi 10 lembar.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: cameras.reviewed.com

Sumber: theverge.com, kompas.com