Instagram Hadirkan Fitur Live Video

Fitur terbaru Live Video pada aplikasi Instagram
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Aplikasi Instagram akhirnya resmi meluncurkan fitur Live Video pada Rabu (25/01/17). Sebelumnya fitur ini sudah lebih dulu diresmikan bagi pengguna di Amerika dan beberapa negara di Eropa. Kini, pengguna Instagram di seluruh dunia termasuk Indonesia sudah bisa menggunakan fitur tersebut.

Live Video merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran secara langsung. Fitur tersebut bisa diakses melalui menu Stories di sudut kiri atas layar pada aplikasi Instagram versi terbaru. Untuk memulai Live Video, pengguna bisa memilih mode “Live” yang terletak di bawah tombol kamera.

“Fitur video siaran langsung di Instagram Stories sudah bisa digunakan di Indonesia mulai hari ini dan segera dirilis secara global,” jelas Intagram melalui surat keterangan resmi pada KompasTekno.

Fitur Live Video memiliki sedikit kesamaan dengan aplikasi Periscope dan Facebook Live. Ketika pengguna melakukan siaran langsung, pengikutnya akan mendapatkan notifikasi untuk menyaksikan siaran langsung itu. Penonton juga bisa turut memberikan komentar lewat kolom yang tersedia atau memberi tanda love apabila mereka menyukai siaran tersebut.

Yang berbeda dari Live Video Instagram adalah durasi siaran yang dibatasi maksimal satu jam. Setelah itu, video siaran tidak akan tersimpan dan tidak dapat ditonton kembali oleh pengikutnya.

Pada menu Explore, Instagram juga menyediakan opsi Top Live yang berisi akun-akun ternama dengan banyak pengikut dan sedang melakukan siaran langsung. Dalam situs resminya, Instagram menerangkan bahwa fitur-fitur tersebut hanya bisa diakses setelah pengguna memperbarui versi aplikasi Instagram miliknya.

“Live video Instagram Stories hanya tersedia sebagai bagian dari Instagram versi 10.0 dan ke atas,” tulis Instagram.

Penulis: Hilel Hodawya

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: marshable.com

Sumber: tekno.kompas.com, tekno.liputan6.com, antaranews.com