Kantor Berita Cina Pakai Robot Jadi Pembaca Berita

Kantor berita Cina, Xinhua, menggunakan Xin Xiaomeng sebagai robot pembaca berita pada Minggu (03/03/19). Xiaomeng dapat menirukan mimik dan ekspresi manusia seperti sedang membacakan berita. (Foto: kumparan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kantor berita pemerintah Cina, Xinhua, menggunakan robot sebagai pembaca berita pada Minggu (03/03/19). Robot tersebut dapat menirukan mimik dan ekspresi manusia seperti sedang membacakan berita.

Dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan, robot pembaca berita tersebut diberi nama Xin Xiaomeng. Ia tampil dengan rambut pendek, mengenakan pakaian berwarna merah muda, dan anting. Selama satu menit, ia membacakan berita delegasi pertemuan parlemen tahunan di Beijing. 

Dilansir dari Reuters, Xiaomeng diciptakan menyerupai Qu Meng yang merupakan pembaca berita terdahulu kantor berita Xinhua. Pengembangan Xiaomeng dilakukan oleh kantor berita Xinhua bersama Sogou Inc, perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing.

Sebelumnya, kantor berita Xinhua mengumumkan dua robot pria pembaca berita dalam Konferensi Internet Dunia pada November 2018. Kedua robot tersebut memiliki tugas berbeda, yaitu membacakan berita dalam bahasa Cina dan Inggris.

Menurut kantor berita Xinhua, robot pembaca berita memiliki kelebihan dibandingkan dengan manusia, seperti menyebarkan berita dengan cepat dalam 24 jam.

“Pembaca berita ini telah secara resmi menjadi bagian dari tim pelaporan Xinhua. Dia akan bekerja sama dengan pembaca berita lain untuk memberikan Anda berita dan informasi yang otoritatif, tepat waktu, dan akurat dalam bahasa Cina dan Inggris,” ungkap Xinhua.

Robot pembaca berita terintegrasi dengan avatar untuk membaca teks yang telah dimasukkan ke dalam sistem. Gerakan mulut dari robot menyesuaikan kata-kata dari laporan yang ada.

Saat ini, Cina sedang menggenjot kemajuan dalam bidang teknologi kecerdasan buatan, termasuk menciptakan peralatan mata-mata dan mobil tanpa awak.

 

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: kumparan.com

Sumber: cnnindonesia.com, tirto.id, kumparan.com