Tabrak Bus Publik, Google Self-Driving Car Timbulkan Kecelakaan Pertama Kalinya

Untuk pertama kalinya, Google self-driving car menabrak bus umum di Mountain View (14/2)
Share:

CALIFORNIA, ULTIMAGZ.com — Mobil tanpa pengemudi alias self-driving car yang diluncurkan oleh Google menimbulkan kecelakaan untuk pertama kalinya dengan bertabrakan dengan bus publik di Mountain View, El Camino Real pada Minggu (14/2) silam. Meskipun tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, namun pihak Google tetap mengklarifikasi kecelakaan tersebut.

Seperti yang dilansir oleh theguardian, kecelakaan ini terjadi akibat kesalahpahaman yang terjadi antara pengemudi bis umum dengan mobil tanpa pengemudi.

Menurut pernyataan resmi Google, sebelum kecelakaan terjadi, self-driving car awalnya berhenti sejenak setelah mendeteksi adanya gumpalan pasir yang menghadang jalan raya. Kemudian, ketika mobil mulai berbelok ke arah kanan dan melaju dengan kecepatan 2 mph, terdapat bis umum yang melaju dengan kecepatan 15 mph. Kecelakaan pun akhirnya terjadi.

Pengemudi bis umum mengasumsikan bahwa mobil tanpa kemudi akan menurunkan kecepatannya atau bahkan berhenti sejenak. Namun sayangnya tidak.

Pihak Google menyatakan bahwa pihaknya bertanggungjawab atas kecelakaan yang terjadi. Menurut pihak Google, kecelakaan tak akan terjadi bila mobil tanpa kemudi mereka saat itu menunggu sejenak dan tidak langsung melaju ke jalan raya. Penumpang mobil alias test driver self-driving car juga tidak mengambil alih kendali mobil tersebut pada saat kecelakaan terjadi.

Hilary Rowen selaku mitra kebijakan praktik asuransi Sedgwick LLP, menganggap bahwa kecelakaan pada saat itu seharusnya bisa dihindari jika penumpang di dalam mobil mengambil alih kendali mobil.

“Jika kecelakaan sudah terjadi, siapa disini yang akan bertanggung jawab? Pengemudi bis, penumpang, atau software?” ujar Rowen.

Semenjak awal peluncurannya pada 2009, mobil besutan Google ini belum pernah menimbulkan satupun kecelakaan, meskipun kesalahan kerap terjadi ketika mobil berada di jalan raya. Pihak Google berharap dapat menelusuri penyebab kecelakaan lebih lanjut dan mengatasi penyebab tersebut secepatnya.

Penulis : Elisabeth

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : theverge.com

Sumber : theverge.com, theguardian.com, thenextweb.com