5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

5 Makanan yang Meningkatkan Kesehatan Tubuh (ultimagz)
Pentingnya menjaga kesehatan selama pandemi COVID-19. Buah dan sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh. (Foto: Pinterest.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Virus korona yang muncul pada akhir 2019 telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization) pada Maret 2020. Artinya, virus ini telah menyebar di wilayah yang luas, mencakup beberapa benua hingga seluruh dunia. Oleh karena itu, masyarakat harus menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah tertular virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang benar.

Makanan yang sehat dan benar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini 5 makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

  1. Jeruk

Jeruk  telah dikenal banyak mengandung vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas. Hal ini karena kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Buah-buahan yang memiliki antioksidan penting menjaga daya tahan tubuh.

  1. Yoghurt

Biasa dikenal sebagai makanan untuk diet, yoghurt juga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan probiotik yang terdapat makanan fermentasi seperti yoghurt mampu menghalau infeksi bakteri. Selain mengandung probiotik, juga mengadung vitamin D yang secara alami mengatur sistem kekebalan tubuh. Disarankan mengonsumsi plain yoghurt yang dilengkapi dengan buah-buahan sebagai topping.

  1. Brokoli

Sayur hijau satu ini kaya akan vitamin A, C, dan E yang ditambah dengan kandungan serat, mineral, dan antioksidan. Kandungan alami ini mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mengonsumsinya bisa secara langsung atau dimasak secepat mungkin. Waktu singkat dalam memasak berguna agar kandungan alami brokoli tidak hilang saat dimasak.

  1. Bayam

Selain brokoli, ada pula bayam yang memiliki banyak antioksidan. Sayur ini kaya akan beta karoten, vitamin A, dan C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sama seperti brokoli, bayam tidak boleh dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

  1. Bawang putih

Selain sayur dan buah, rempah-rempah seperti bawang putih juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Bawang putih mengandung zat allicin, yang menjaga tubuh dengan merangsang aktivitas dan memproduksi sel darah putih. Rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan Indonesia ini mampu mencegah flu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang dapat menangkal bakteri, virus, dan parasit.

Itulah makanan yang dapat dikonsumsi ditengah-tengah pandemi COVID-19 ini. Selain mengonsumi makanan yang sehat, melakukan physical distancing atau pembatasan fisik juga harus dilakukan agar tidak mudah terinfeksi. Kebugaran tubuh pun harus diperhatikan walaupun sedang belajar ataupun kerja dari rumah.

 

Penulis: Maytiska Omar

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: pinterest.com

Sumber: Liputan6.com, alodokter.com, cinbcindonesia.com